alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rouhani Beberkan AS Sudah 8 Kali Minta Negosiasi dengan Iran

Agus Nyomba
Rouhani Beberkan AS Sudah 8 Kali Minta Negosiasi dengan Iran
Presiden Iran Hassan Rouhani. Ia mengaku Amerika Serikat (AS) sudah memintanya bernegosiasi dengan mereka sebanyak 8 kali. Foto: Istimewa

TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS), telah meminta negosiasi dengan Teheran setidaknya 8 kali, tetapi dia menambahkan bahwa dia tidak menganggapnya benar dalam situasi saat ini.

"Dalam kunjungan saya tahun lalu ke PBB, 5 pemimpin dunia terkenal mendekati kami untuk menengahi dengan Presiden AS. Departemen Luar Negeri [AS] mereka juga mengirim permintaan kepada kami 8 kali, tetapi hari ini bukan waktunya untuk negosiasi sama sekali, tetapi perlawanan dan ketabahan," katanya dalam sebuah pernyataan, yang diterbitkan oleh presiden dikutip di Sputnik, (21/05/2019).

Pernyataan itu mengikuti saran yang dibuat oleh Presiden AS Donald Trump bahwa pembicaraan dimungkinkan ketika Iran siap.



Donald Trump sebelumnya memperingatkan bahwa jika Republik Islam ingin berperang, itu akan menjadi 'akhir resmi Iran. Teheran mengecam ancaman itu, dengan Menteri Luar Negeri Zavad Zarif mengatakan, bahwa terorisme ekonomi dan ejekan genosida tidak akan 'mengakhiri Iran'.

Perang kata-kata antara AS dan Iran telah meningkat sejak Pentagon mengerahkan kelompok pemogokan kapal induk dan satuan tugas pembom di dekat Iran sebagai tanggapan atas apa yang Washington sebut sebagai ancaman potensial dari Teheran.

Untuk bagiannya, Iran mengecam langkah tersebut, mengumumkan penghentian sebagian komitmennya berdasarkan perjanjian nuklir 2015 dan memberikan Eropa 60 hari untuk memastikan kepentingan Iran dilindungi berdasarkan perjanjian.

Ketegangan telah meningkat tinggi antara Teheran dan Washington sejak Mei 2018 ketika Presiden AS Donald Trump, seorang pengkritik lama perjanjian nuklir Iran yang bersejarah, menarik diri dari perjanjian itu.

Dalam waktu kurang dari setahun, Washington meluncurkan sejumlah besar sanksi terhadap negara Timur Tengah, yang menargetkan sektor keuangan, transportasi, dan militer Iran.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads