alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Akan Boyong Bupati Studi Banding ke Jepang

Mustafa Layong
Gubernur Sulsel Akan Boyong Bupati Studi Banding ke Jepang
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin di Kabupaten Bantaeng, Selasa (21/05/2019). Foto: Istimewa

BANTAENG - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bakal memboyong sejumlah kepala daerah melakukan studi banding ke Negeri Sakura, Jepang, dalam rangka pengembangan rencana pembangunan rest area.

Tawaran studi banding itu disampaikan langsung Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi saat meninjau langsung pengoperasian Rest Area di Kabupaten Bantaeng, Selasa (21/05/2019).

Nurdin Abdullah menyambut baik ajakan perwakilan Jepang untuk kembali berkunjung ke negeri matahari terbit tersebut.



"Saat ini kita masih meraba-raba, nanti kalau sudah lihat baru kita tahu apa yang dibutuhkan. Nanti kita ke sana melihat beberapa Michi No Eki, bersama beberapa bupati yang akan ikut," katanya.

Lebih lanjut kata Nurdin Abdullah, selain rest area di Bantaeng, tahun ini pun akan direalisasikan dua rest area yang lebih besar, masing-masing di Kabupaten Jeneponto dan Barru.

Dia pun mengakui jika pengembangan lokasi persinggahan itu masih harus banyak mencontoh keberhasilan Jepang.

Miyakawa mengatakan kerjasama pengembangan michi no eki di Sulsel merupakan hasil kunjungan Nurdin Abdullah ke Jepang beberapa bulan lalu.

"Kick off kemarin karena pak Nurdin saat ke Jepang, Pemerintah Jepang sangat respon dan langsung kirim delegasi ke sini," katanya.

Deputy Director Planning, Division, Road Bereau, Ministry of Land Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Shaichi Watanabe yang turut hadir menjelaskan, michi no eki merupakan poin penting di wilayah tujuan wisata sebagai tempat perhentian.

Kata dia, sejak 25 tahun terakhir, telah berdiri 1.200 gerai stasiun yang dikelola petani dan kelompok masyarakat di Jepang.

"Untuk bapak Gubernur, nanti kami undang ke Jepang agar bapak melihat michi no eki. Sekarang michi no eki ini ditangani provinsi langsung. Saya berharap nantinya orang-orang di sinilah menangani sendiri," tutur Shaichi Watanabe.

Terpisah, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengakui kehadiran rest area dengan pengembangan konsep michi no eki di wilayahnya telah memberi angin segar kepada para petani dalam memasarkan produknya.

Kehadiran rest area itu juga merupakan kebanggan warga Botta Toa.

"Kurang lebih sebulan bersama provinsi tiap hari memberikan supervisi dan dukungan untuk menjadikan rest area ini menjadi seperti konsep yang ada di Jepang. Kedepan kami tetap membutuhkab bimbingan dan arahan agar keberadaan rest area ini benar-benar bisa seperti yang diharapkan," ucapnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads