alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Elemen Masyarakat Kecam Demo Pemilu Berujung Bentrok di Jakarta

Muhammad Subhan
Elemen Masyarakat Kecam Demo Pemilu Berujung Bentrok di Jakarta
Sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Pangkep mengecam aksi penolakan hasil Pemilu 2019 berujung bentrokan di Jakarta. Foto: Dok/SINDOnews

PANGKEP - Sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Pangkep mengecam aksi penolakan hasil Pemilu 2019 berujung bentrokan di Jakarta.

Mereka berharap agar penyelesaian konflik pemilu diselesaikan ke jalur hukum.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Pangkep, KH Hasbuddin Khalik mengatakan, meski penyampaian pendapat bisa dikategorikan sebagai dakwah namun jatuhnya korban tidak boleh ditolerir.



Dia menganggap hal tersebut terjadi karena rasionalitas tak lagi mendapat tempat dalam perbedaan pendapat.

"Begitulah bentuk dakwah komprontatif, terkadang memakan korban apabila tidak mengedepankan rasio dan pendapat," pungkasnya saat dikonfirmasi, Rabu (22/05/2019).

Sementara itu, Sekjen Komite Komunitas Demokrasi Pangkep (KKDP), Misbah Maggading mengecam aksi massa penolakan pemilu hingga pengepungan kantor-kantor penyelenggara pemilu.

Menurutnya, cara-cara pengerahan massa dengan tujuan menekan pemerintah hingga narasi penggulingan pemerintah tidak seharusnya ada di negara demokrasi.

"Kami mengecam. Mekanisme konstitusi untuk menolak hasil pemilu ada yaitu MK, silakan ajukan gugatan, bawa bukti bukan bawa massa. Ini berbahaya bagi kelangsungan demokrasi yang mestinya kita rawat," tandasnya.

Misbah menambahkan, pihaknya meminta semua pihak menahan diri dan tidak terpancing atas segala bentuk provokasi. Menurutnya, persatuan dan kesatuan bangsa adalah yang utama di atas kepentingan golongan atau individu.

"Tidak boleh persatuan bangsa ini dipertaruhkan hanya karena kepentingan politik satu atau dua golongan," tutur dia.

Pimpinan Banser Pangkep, M Basir juga berpendapat sama, sebagai negara hukum semua pihak harus tunduk pada aturan hukum yang ada bukan.

"Kalau saya negara kita adalah negara hukum. Jadi serahkan mekanisme ke jalur hukum bukan lewat jalanan," singkatnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook