Nurdin Abdullah Jadi Narasumber Soal Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 10 Desember 2020 - 12:31 WIB
loading...
Nurdin Abdullah Jadi Narasumber Soal Pemulihan Ekonomi Nasional
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menjadi pembicara di Otoritas Jasa Keuangan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjadi narasumber pada diskusi interaktif dengan tema "Optimalisasi Peran TPAKD Dalam Rangka Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional ” yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia.

Nurdin Abdullah sendiri menjadi panelis dengan Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito dan Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Mochamad Ardian N dengan moderator, Tina Talisa.

Terlebih dahulu, Nurdin Abdullah menyampaikan, bagaimana keadaan penduduk dan profil lengkap Provinsi Sulsel. Sulsel terdiri dari 21 Kabupaten dan 3 Kotamadya, dengan penduduk sebanyak 8.85 juta jiwa.

Nurdin Abdullah Jadi Narasumber Soal Pemulihan Ekonomi Nasional




Dari sini sudah dapat digambarkan berapa besar market di Sulsel . Dari segi pertumbuhan ekonomi, Selama 5 tahun
ke belakang, ekonomi Sulawesi Selatan tumbuh progresif dan selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Dan sejak 2018, Sulsel mempertahankan posisi sebagai provinsi dengan pertumbuhan PDRB tertinggi di Indonesia.

"Berdasarkan data BPS Kuartal III 2020, pertumbuhan PDRB Sulsel (-1,08 persen YoY) kembali berada di atas pertumbuhan PDB nasional (-3,49 persen YoY) di tengah pandemi Covid-19 dan sinyal perbaikan ekonomi yang menguat, dengan pertumbuhan PDRB kuartalan atau Q to Q sebesar 8,18 persen," jelas Nurdin Abdullah, Kamis, (10/12/2020).

Hal tersebut, berdampak terhadap capaian pertumbuhan PDRB dan diikuti peningkatan pendapatan perkapita sebesar 40 persen selama 5 tahun ke belakang. Tingkat pengangguran terbuka yang terkendali, tingkat kesejahteraan yang semakin merata tercermin dari GINI ratio sebesar 0.38 dan tingkat kemiskinan sebesar 8,56 persen di bawah angka nasional (Nasional 9,22 persen per September 2019).

Begitu juga dengan dari sisi struktur ekonomi berdasarkan sektor usahanya, ekonomi Sulsel dimotori oleh sektor pertanian, perdagangan, konstruksi, manufaktur dengan komposisi pelaku usaha mayoritas adalah UMKM (98,61 persen).

"Struktur ekonomi sektoral tersebut juga didukung oleh kredit perbankan Sulsel yang disalurkan sesuai dengan sektor-sektor unggulan di Sulsel sehingga dapat memfasilitasi percepatan roda perekonomian," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)