Bupati Dorong Lahirkan Inovasi yang Tingkatkan Ekonomi Desa

Kamis, 10 Desember 2020 - 17:31 WIB
loading...
Bupati Dorong Lahirkan Inovasi yang Tingkatkan Ekonomi Desa
Bupati Takalar, Syamsari Kitta menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala desa atas penyaluran BLT dana desa, Kamis (10/12/2020). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
TAKALAR - Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda menggelar rapat koordinasi pemerintahan desa terkait sinkronisasi perencanaan program prioritas pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan pemerintah desa pada perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Takalar tahun anggaran 2021, Kamis (10/12/2020).

Rakor berlangsung sehari di gedung Islamic Center, dibuka secara resmi Bupati Takalar , Syamsari Kitta. Kegiatan dihadiri Sekda Takalar Arsyad, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sulsel , Ashari Fakhsirie Radjamilo sebagai pemateri.



Bupati Syamsari mengemukakan, saat ini pemerintah telah melakukan pemekaran sebanyak 11 desa dan akan terus bergulir. Kebijakan ini untuk memenuhi RPJMD pemerintahan, yang salah satu poinnya soal pembangunan berkelanjutan.

"Jadi tidak boleh ada pemisahan bupati dulu dan sekarang. Hal-hal yang telah dicapai bupati sebelumnya dan patut kita lanjutkan, kita akan lanjutkan. Dan hal-hal yang akan belum sempurna, insyaallah kita akan sempurnakan. Itu namanya berkelanjutan," urainya.

Karena itu dia berharap, di waktu mendatang banyak inovasi yang bisa pemerintah hadirkan yang mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat desa , menjadikan desa berprestasi sehingga Takalar menjadi kunjungan studi banding berbagai pihak.



Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Takalar, Andi Rijal Mustamin selaku panitia penyelenggara dalam laporannya menjelaskan, rakor ini digelar berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, Permendes PDT nomor 13 tahun 2020, RPJM Pemprov Sulsel , RPJMD Pemkab Takalar serta DPA Bagian Tata Pemerintahan Takalar.

"Narasumber pada kegiatan rakor ini adalah leading sector yang terkait dengan perumusan kebijakan program prioritas baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten tentang perencanaan program prioritas pembangunan desa tahun 2020," jelasnya.

Ditambahkan bahwa materi yang akan dipaparkan yakni program prioritas Pemprov Sulsel tentang arah kebijakan pembangunan desa tahun 2021, program prioritas Pemkab Takalar dan rarhet capaian RPJMD tahun 2021 serta program prioritas nasional sesuai Permendes Nomor 13 Tahun 2020.



Acara dirangkaian dengan penyerahan piagam penghargaan bagi 13 kepala desa (kades) atas penyaluran BLT dana desa (tahap pertama) dari Kementerian Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun anggaran 2020. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

Ke-13 kades tersebut yakni Kades Pa'batangan dan Kades Tompotana dari Kecamatan Mappakasunggu. Kades Cakura, Lantang dan Su'rulangi dari Kecamatan PolSel. Kades Timbuseng dan Parangbaddo dari Kecamatan Polut, Kades Tarowang dari Kecamatan Galesong Selatan, Kades Tamalate dan Tamasaju dari Kecamatan Galut. Kades Galesong Kota, Pa'rasangang Beru dan Pattinoang dari Kecamatan Galesong.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)