10 Malam Terakhir yang Istimewa, Jangan Sampai Terlewati Sia-sia

Rabu, 13 Mei 2020 - 00:51 WIB
loading...
10 Malam Terakhir yang Istimewa, Jangan Sampai Terlewati Sia-sia
Bulan suci Ramadhan sebentar lagi berakhir. Jangan lewatkan malam-malam terakhir ini dengan hal yang biasa saja. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Bulan suci Ramadhan sebentar lagi berakhir. Jangan lewatkan malam-malam terakhir ini dengan hal yang biasa saja, melainkan harus mengupayakan beribadah dengan sebaik-baiknya dan penuh kesungguhan.

Sebab, 10 Ramadhan terakhir menyimpan keistimewaan dari hari-hari lainnya di bulan Ramadhan. Kesungguhan beribadah di 10 Ramadhan terakhir ini telah dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.

Baca : Sidratul Muntaha, Berada di Ujung Semesta Berdekatan dengan Surga

"Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah, menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah," (Hadist riwayat Bukhari No.2024 dan Muslim No.1174).

Hadist di atas menunjukan keutamaan beramal saleh pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Salah satunya adalah malam Al-Qadr atau malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda. " Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan," (Hadist riwayat Bukhari No.2020 dan Muslim No.1169).

Adapun ibadah yang dimaksud dalam hal ini meliputi salat, dzikir dan tilawah Alquran. Tak hanya untuk dirinya sendiri, hadist riwayat di atas juga menganjurkan kita mengajak orang-orang terdekat baik itu keluarga dan kerabat untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Baca Juga : Ajaibnya Surah Al-Fatihah, Amalkan dan Lihat Apa yang Terjadi Pada Hidupmu
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)