alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sekprov Sorot Peran dan Fungsi Staf Ahli yang Lemah

Mustafa Layong
Sekprov Sorot Peran dan Fungsi Staf Ahli yang Lemah
Hari pertama berkantor, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel Abdul Hayat Gani langsung menyorot peran dan fungsi staf ahli lingkup Pemprov Sulsel yang selama ini tidak optimal. Foto : SINDOnews/Mustafa Layong

MAKASSAR - Hari pertama berkantor, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel Abdul Hayat Gani langsung menyorot peran dan fungsi staf ahli lingkup Pemprov Sulsel yang selama ini tidak optimal.

Menurutnya staf ahli harus diberi tugas-tugas strategis, dan tidak hanya sekadar pengganti gubernur maupun wakil gubernur saat berhalangan menghadiri acara.

"Supaya staf ahli sama, tidak hanya ahli staf. Harus ahli benar sehingga harus diberi tugas yang benar. Kalau terkesan kegiatan agak sedikit longgar, yang membuat itu dari setdanya, mestinya ada kerjaan kan tidak mungkin lembaga itu ada kalau tidak ada kerjaan," tukas Hayat.



Lemahnya peranan staf ahli selama ini, lanjut Hayat, lantaran sekprov selaku pimpinan tidak memberinya tugas tugas strategis. Padahal staf ahli berfungsi memberikan telaah, hingga tugas tambahan untuk mengkaji kebijakan dan tugas koordinasi.

Hayat menegaskan posisi staf ahli bukan sekadar tugas seremonial seperti pembukaam kegiatan mengantikan gubernur ataupun wakil gubernur. Apabila jalannya sistem kerja itu berjalan, mestinya tak lagi perlu dibentuk tim ahli eksternal, seperti Tim Gubernur Untuk Percepatan Oembangunan (TGUPP) yang ada saat ini.

"Itu (TGUPP) untuk ad hoc saja, tidak seterusnya. Kadang kala kita belajar menyetir ada guide-nya, kalau sudah mahir sudah dilepas. Ini idenya percepatan karena memudahkan koordinasi sementara. Tapi kalau sistem sudah jalan tidak ada ketonggalan tidak ada lagi seperti itu," jelas Hayat.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebelumnya sudah menekankan tugas dan fungsi Sekprov Sulsel untuk mendukung visi misi dan program pemerintahan. Selain menciptakan harmonisasi antara gubernur dan wakil gubernur, Sekprov juga diminta memimpin dan mengoptimalkan peran OPD.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook