alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Operasi Ketupat, Polda Sulbar Beri Pengamanan Ekstra di Jalur Mudik

Asrianto Suardi
Operasi Ketupat, Polda Sulbar Beri Pengamanan Ekstra di Jalur Mudik
Polisi saat memeriksa surat-surat kendaraan di jalur trans Sulawesi. Foto: Istimewa

POLMAN - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggelar Operasi Ketupat 2019 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Operasi ini akan berlangsung dari tanggal 29 Mei-10 Juni 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Mashura, di Mapolda Sulbar. Untuk memantapkan pelaksanaan operasi tersebut, pada tanggal 27 Mei 2019 akan dilakukan latihan pra operasi, dilanjutkan dengan gelar pasukan pada tanggal 28 Mei dan terakhir pelaksanaan puncak operasi dari tanggal 29 Mei hingga 10 Juni Polri akan sibuk melakukan pengaturan arus mudik di lapangan.

Mengacu pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata dia, pergerakan arus lalu lintas mudik yang paling dominan pada H-3, dan pergerakan arus balik pada H+3.



"Artinya tanggal 31 Mei kemudian tanggal 1-2 Juni menjadi atensi kami semua perangkat-perangkat operasi, demikian juga pada saat baliknya tanggal 9, 8 dan 7 Mei menjadi atensi kami," kata Mashura.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Barat saat meninggalkan rumah melakukan perjalanan atau mudik agar memperhatikan keselamatan

"Pastikan kondisi rumah aman dan yang terpenting lengkapi surat-surat kendaraan demi kelancaran perjalanan," pesan Mashura.

Kasatlantas Polres Polman AKP Rusli Said yang dihubungi secara terpisah mengatakan, dalam operasi ketupat ini pihaknya akan melakukan pengamanan di sepanjang jalur trans Sulbar.

"Kami akan menempatkan personel di sepanjang jalur mudik di Polman dan mensiagakan anggota di titik dianggap rawan macet dan kejahatan," katanya, Minggu, (26/5/2019).

Ia menghimbau kepada pengendara yang ingin mudik agar tetap memperhatikan kondisi kendaraan, surat-surat kendaraan dan tetap mengutamakan keselamatan berlalu-lintas.

"Ingat, keluarga di rumah menanti anda. jika lelah singgah beristirahat di rest area yang telah disediakan," pesan Rusli.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook