Pilwali Lancar, KPU dan Bawaslu Makassar Perlu Dapat Penghargaan

Jum'at, 11 Desember 2020 - 07:49 WIB
loading...
Pilwali Lancar, KPU dan Bawaslu Makassar Perlu Dapat Penghargaan
Direktur Nurani Strategic Consulting, Nurmal Idrus. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Penyelenggaraan pilkada Makassar bisa menjadi role model bagi pelaksanaan perhelatan demokrasi serupa berikutnya.

Hal itu disampaikan Nurmal Idrus, Direktur Nurani Strategic Consulting. Ia menyatakan pelaksanaan Pilwali Makassar yang lancar dan relatif aman menjadi bukti bahwa dua lembaga tertinggi penanggungjawab Pilwali, yaitu KPU dan Bawaslu Makassar, telah bekerja dengan baik.

"Dengan segala kekurangan yang terjadi di sana sini, kita patut memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu Makassar yang telah bekerja dengan baik sehingga semua bisa berjalan lancar dan baik," katanya, dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Mantan Ketua KPU Makassar ini menyatakan, tak mudah bagi kedua lembaga ini menggelar Pilwali Makassar yang terus berada dalam tensi pelaksanaan yang tinggi.



"Pilwali Makassar selalu tak mudah. Ada banyak faktor yang justru memengaruhi kinerja penyelenggara di luar tanggung jawab teknis mereka selama ini, seperti bagaimana mereka terus bisa bertahan di tengah tekanan para pendukung paslon yang kadang justru tak mau diatur," tambahnya.

Penetrasi kandidat yang tajam selama masa kampanye justru sering bersenggolan dengan berbagai kewenangan dan kebijakan KPU serta Bawaslu.

Kata Nurmal, pelaksanaan Pilwali Makassar adalah pelaksanaan dengan tingkat kesulitan tinggi sehingga sangat berbeda dengan daerah lain. Selain jumlah TPS dan pemilih yang besar, juga karena Pilwali Makassar selalu diwarnai ekses persaingan politik dengan tensi yang terus tinggi.



"Seperti misalnya bagaimana KPU Makassar mengelola pelaksanaan debat. Mereka menggelar hingga tiga kali dan jangan bilang itu mudah. Tapi, mereka mampu menyelesaikannya dengan baik," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)