Hotel Diharap Buka Pasar dan Ruang Promosi Bagi Produk UMKM

Jum'at, 11 Desember 2020 - 08:17 WIB
loading...
Hotel Diharap Buka Pasar dan Ruang Promosi Bagi Produk UMKM
Asosiasi UMKM Mutiara Timur dan Hotel Harper Perintis bekerja sama untuk promosi dan pemasaran produk umkm. Foto: Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Hotel bisa menjadi salah satu alternatif media promosi sekaligus membuka akses pasar bagi produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dengan bekerja sama dengan pihak perhotelan, semakin membuka peluang bagi produk UMKM untuk lebih dikenal.

Upaya promosi produk UMKM di perhotelan, salah satunya diinisiasi oleh Asosiasi UMKM Mutiara Timur yang bekerjasama dengan PT Vale Indonesia Tbk dan Hotel Harper Perintis Makassar.

Ketua Asosiasi UMKM Mutiara Timur, Hasidah S Lipung mengatakan, saat ini Asosiasi UMKM Mutiara Timur telah memiliki sebanyak 2.000 lebih UMKM binaan yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Sulsel. Dari total UMKM binaan tersebut, 540 diantaranya juga terdaftar sebagai UMKM binaan PT Vale Indonesia Tbk.

UMKM binaan yang telah disaring dan memenuhi standard pasar kini sudah bisa ditemui di berbagai pasar ritel, baik itu toko oleh-oleh, minimarket, hingga hotel. Menurut Ida, sapaan akrabnya, setiap produk UMKM memiliki pangsa pasar yang berbeda, sehingga perlu disaring dan dianalisis peluang pasar yang cocok.

Sebagai tahap awal untuk kerja sama dengan pihak perhotelan, Ida mengatakan ada 37 produk UMKM binaan Asosiasi Mutiara Timur dan PT Vale Indonesia yang kini sudah terserap di Hotel Harper Perintis Makassar. Tidak hanya dipasang di lobby, tapi juga menjadi salah satu fasilitas tambahan di kamar tipesuite ketika tamu menginap.

"Jadi produk UMKM di Hotel Harper ini tidak hanya ter-display di lobby hotel, tapi juga include jadi cemilan di kamar suite ketika tamu check in dan menginap. Jadi tidak perlu bayar dan beli lagi, karena sudah includedengan harga kamar, menjadi salah satu fasilitas tambahan kamar," urai Ida, Rabu (91/12/2020).



Dia pun berharap, kerja sama antara Asosiasi UMKM Mutiara Timur dan PT Vale Indonesia Tbk dengan Hotel Harper Perintis Makassar ini juga dapat diterapkan di hotel lainnya. "Harapan besar kami, semua hotel begini, produk UMKM jadi snack dan didisplay di kamar tamu. Saya harap ini jadi contoh bagi hotel lain agar UMKM kita bisa hidup dan berkembang," ujar Ida.

Restoran Bar Manager Hotel Harper Perintis Makassar, Abdul Rahim mengatakan, kerja sama dengan Asosiasi UMKM Mutiara Timur dan PT Vale Indonesia Tbk ini merupakan salah satu wujud komitmen Hotel Harper Perintis Makassar untuk mendukung kemajuan UMKM.

Menurutnya, dengan langkah inovasi bersama UMKM ini bisa membawa efek domino bagi promosi dan penjualan yang berkelanjutan bagi Hotel Harper Perintis Makassar. "Kami terus berinovasi salah satunya dengan promosi UMKM yang efeknya domino, promosi dan penjualan dan akan berskesinambungan dengan hotel kami," ujar Rahim.

Saat ini, selain terpanjang di lobby hotel, 37 produk UMKM menjadi salah satu fasilitas tambahan di sembilan kamar tipe suite Hotel Harper Perintis Makassar. Sehingga ketika tamu melakukan check in dan melakukan pembayaran untuk fasilitas kamar, produk UMKM yang dikemas dalam bentuk hampers tersebut juga menjadi salah satu benefit tambahan.

"Kami masukkan item UMKM sebagai benefit di suite room. Ada sembilan kamar, lima junior suite dan empat deluxe suite. Jadi tamu nginap di kamar, dengan harga yang sama tapi benefit kita tambahkan, yaitu produk UMKM ini," pungkas Rahim.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)