Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Tidak Ingin Mengantuk di Siang Hari

Jum'at, 11 Desember 2020 - 09:23 WIB
loading...
Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Tidak Ingin Mengantuk di Siang Hari
Mengantuk di siang hari salah satunya bisa dipicu oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Penyebab mengantuk di siang hari atau saat sedang bekerja tidak hanya disebabkan oleh kurangnya waktu tidur pada malam hari, tapi juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sarapan atau makan siang.

Pada artikel ini, kita akan melihat hubungan antara makanan dan kantuk, di mana kita akan mengeksplorasi makanan yang dapat membuat mengantuk atau lelah, untuk melihat jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur , dan untuk menghindari saat seharusnya tidak tidur .

1. Susu Hangat
Segelas susu yang diminum sebelum tidur akan membantu tertidur dan mencegah gangguan tidur . Susu mengandung asam amino triptofan, yang membantu produksi serotonin di otak dan membantu mendapatkan lebih banyak istirahat. Kalsium yang ditemukan dalam susu berhasil mengurangi stres dan menstabilkan serabut saraf di otak.

Selain itu, susu adalah cara terbaik untuk memperoleh kalsium, yang membantu mengatur produksi melatonin. Apalagi, kehangatan susu memiliki efek menenangkan pada indra, yang membuat mengantuk.

2. Nasi Putih
Sesuai dengan penelitian yang terungkap dalam American Journal of Clinical Nutrition, individu yang makan nasi melati untuk makan malam lebih cepat tertidur jika dibandingkan dengan jenis nasi lainnya. Ini juga meningkatkan produksi triptofan serta serotonin dalam darah, sehingga mendorong untuk tertidur.



3. Oatmeal
Oatmeal mungkin merupakan sarapan favorit banyak orang, padahal fakta bahwa biji-bijian yang ada dalam oatmeal dapat memicu produksi insulin. Selain itu, juga meningkatkan kadar gula darah dan memicu perasaan kantuk yang tinggi. Kaya akan melatonin, oat juga dapat menenangkan tubuh dan mendorong untuk tertidur.

4. Madu
Madu kaya akan glukosa yang 'menutup' zat kimia yang ada di otak yang dikenal sebagai orexin. Satu sendok makan madu sudah cukup untuk membuat tertidur nyenyak. Sehingga sebaiknya menghindri makanan atau minuman yang banyak mengandung madu saat harus terjaga sepanjang hari.

5. Dark Coklat
Cokelat hitam mengandung serotonin yang dapat membantu merilekskan tubuh dan membuat tertidur nyenyak. Jadi sebaiknya menghindari makanan ini jika tidak ingin mengantuk parah saat siang hari.

6. Pisang
Pisang mengandung kalium dan magnesium, yang menenangkan saraf dan otot. Pisang juga mengandung vitamin B6, yang mengubah triptofan menjadi serotonin, yang membuat merasa lebih rileks dan gampang tertidur.

7. Kentang
kentang dapat memicu kantuk dan mendorong untuk lebih mudah tertidur karena mengandung karbohidrat dan kalium yang akan membuat tubuh lebih rileks.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)