alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Raihan Kursi PDIP Sulsel Bertambah, Demokrat Turun Drastis

Luqman Zainuddin
Raihan Kursi PDIP Sulsel Bertambah, Demokrat Turun Drastis
Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni. Ia mengaku perolehan kursi partainya di Sulsel bertambah mski hanya dua kursi. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 membawa perubahan kekuatan terhadap sejumlah partai di Sulsel. Khususnya perolehan kursi untuk DPRD di 24 kabupaten/kota se Sulsel. Ada naik, ada yang turun.

PDIP adalah salah partai yang mengalami kenaikan itu. Sekalipun jumlahnya tidak begitu signifikan. Hanya mendapat tambahan dua kursi dari periode Pemilu lalu. Di mana, saat 2014 PDIP meraih 58 kursi di 24 DPRD kabupaten/kota. Sedangkan pada Pemilu 2019, naik jadi 60 kursi.

"Naiklah, naik sedikit lah. Yang penting naik. Dari 58 kursi ke 60 kursi. Ada peningkatan lah. Di tengah terpaan yang begitu besar kepada PDIP," kata Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni di sekretariat partai jalan Gunung Bawakaraeng.



Dua kursi yang bertambah itu terjadi di kota Makassar. Dari sebelumnya empat menjadi enam. Kondisi itu sekaligus mengantarkan PDIP mengunci kursi pimpinan DPRD kota Makassar.

Rudi melanjutkan, perolehan kursi PDIP tak hanya naik di kabupaten/kota, tapi juga untuk DPRD Provinsi Sulsel. Dari lima kursi pada Pemilu 2014, menjadi 8 kursi pada periode Pemilu 2019. Potensi penambahan satu kursi lagi juga masih terbuka, andai gugatan PDIP dikabulkan di Mahkamah Konstitusi (MK). Begitu pun di DPR RI. PDIP naik dari 2 ke tiga kursi.

"DPR RI pusat dari 2 jadi 3 kursi. Dan kami kan, tidak KW KW, kami mengantar juga Jokowi (menang secara nasional). Minimal kehadiran PDIP mengurangi kekalahan Jokowi di Sulsel," pungkas anggota DPRD Sulsel ini.

Sementara itu, partai Demokrat mengalami penyusutan untuk jumlah kursi di kabupaten kota untuk periode selanjutnya. Ketua Komisi Pemenangan Pemiku (KPP) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS mengakui bahwa Demokrat mengalamai penurunan suara maupun jumlah kursi di kabupaten/kota.

"Pemilu 2014 Demokrat dapat 101 kursi di parlemen. Sedangkan pemilu 2019, kami hanya dapat 85 kursi. Ini menurun drastis," kata Selle saat ditemui di DPRD Sulsel jalan Urip Sumoharjo.

Secara umum kata Selle, pada Pemilu 2019 Demokrat mendapat jatah 9 kursi pimpinan, yakni delapan di kabupaten/kota serta 1 Provinsi di Sulsel. Demokrat berhasil menempatkan ketua DPRD di kabupaten Pinrang.

"Jadi, kita mendapat jatah 8 kursi pimpinan, hanya Pinrang baru Dapat kursi Ketua. Selebihnya termasuk Provinsi, kami dapat wakil ketua," terangnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif