Memasuki Musim Hujan, Sinkhole Mulai Terjadi di Gunungkidul

Sabtu, 12 Desember 2020 - 03:11 WIB
loading...
Memasuki Musim Hujan, Sinkhole Mulai Terjadi di Gunungkidul
Di padukuhan Jelok, Kalurahan Pacarejo Semanu sumur milik warga ambles hingga menimbulkan suara gemuruh di sekitar lokasi. SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Peristiwa tanah ambles atau dikenal dengan sinkhole mulai terjadi di Gunungkidul. Di padukuhan Jelok, Kalurahan Pacarejo Semanu sumur milik warga ambles hingga menimbulkan suara gemuruh di sekitar lokasi.

Lurah Pacarejo, Suhadi mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Kamis (10/12/2020) petang, sekitar pukul 18.00 WIB. Pemilik sumur tiba-tiba mendengar suara gemuruh dari sumur miliknya. Setelah dicek ternyata sumurnya ambles. "Sumur tertimbun tanah kedalaman 4 meter, lebar lokasi ambles juga sekitar 4 meter," terangnya kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Akibat peristiwa ini, sekitar lokasi diberikan garis polisi. Hal ini untuk menghindari warga mendekat karena ada kemungkinan terjadi ambles di sekitar lokasi." Jarak dengan rumah warga sekitar 5 meter. Mudah - mudahan tidak ada pelebaran tanah ambles," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki menjelaskan, di Gunungkidul memang srringteejsdi peristiwa sinkhole. (Baca: Paslon yang Didukung UAS Menang Telak Lawan Petahana di Dumai).

Hal ini lantaran ya banyak rongga di dalam perut bumi Gunungkidul." Karena hujan dns material tanah bergeser maka memenuhi rongga. Namun setelah hujan deras sering ada yang ambles," ulasnya.

Saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan wilayah-wilayah rawan sinkhole. Dengan demikian bisa dihindari untuk pemukiman warga." musim hujan kali ini baru satu kasus, "pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)