alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketua PPP Makassar Ditetapkan Sebagai Tersangka, Diperiksa 31 Mei

Faisal Mustafa
Ketua PPP Makassar Ditetapkan Sebagai Tersangka, Diperiksa 31 Mei
Ketua PPP Makassar, Busranuddin Baso Tika (BBT) ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan politik uang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Makassar, Busranuddin Baso Tika (BBT) ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan politik uang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Kasus dugaan pelanggaran pemilu itu naik ke tahap penyidikan setelah Sentra Gakkumdu Makassar menyerahkan berkas perkara ke Polrestabes Makassar.

Saat ini polisi berencana akan melakukan pemanggilan terhadap caleg PPP tersebut dan sejumlah saksi.



"Dalam jangka waktu 14 hari itu kita mengefektifkan waktu untuk bisa merampungkan berkas perkaranya untuk tahap dua diserahkan ke kejaksaan dalam hal menyidangkan," sebut Kanit 1 Tindak Pidana Umum Polrestabes Makassar, AKP Abdul Rahim, Selasa (28/05/2019).

"Untuk hari ini agendanya kita sudah buat surat pemanggilan saksi-saksi untuk mempercepat perampungan berkas perkara. Terhadap dua laporan yang dilimpahkan oleh Bawaslu. Mudah-mudahan bisa cepat," sambung dia.

Terkait pemanggilan tersangka akan diagendakan pada tanggal 31 Mei. Sebelumnya, BBT kata Bawaslu Makassar kerap mangkir dari pemanggilan.(Baca juga: Polisi Akan Panggil Paksa Ketua PPP Makassar Dugaan Politik Uang)

"Kalau untuk pemanggilan BBT belum, kita rampungkan dulu pemanggilan saksi-saksi, rencananya tgl 31 untuk pemanggilan BBT dan Ketua RW," tutup Abdul Rahim.

Untuk diketahui, BBT merupakan petahana anggota DPRD Makassar. Dia merupakan bagian dari tim pemenangan Appi-Cicu pada Pilwali Makassar tahun 2018 lalu. (Baca juga: Polisi-Jaksa Bakal Proses Dugaan Pidana 13 Legislator Kota Makassar) dan (Baca juga: 13 Legislator Makassar Dilapor ke Bawaslu Sulsel dan RI)

BBT juga pernah diperiksa terkait kasus dugaan korupsi fee 30% anggaran sosialisasi lingkup kecamatan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. (Baca juga: Bareskrim : Farouk M Betta Sudah Diperiksa Dugaan Korupsi Fee 30%)



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook