alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Lutim Berjanji Tindak Tegas Pelaku Pidana Pemilu

Fitra Budin
Bawaslu Lutim Berjanji Tindak Tegas Pelaku Pidana Pemilu
Bawaslu Luwu Timur (Lutim), tak pandang bulu terkait dengan dugaan money politic para Caleg. Foto: Sindonews/Ilustrasi

LUWU TIMUR - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Luwu Timur, berjanji menindak tegas pelaku tindak pidana pemilu tanpa pandang bulu Pileg dan Pilpres 17 April lalu.

Ancaman itu disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Luwu Timur, Zainal kepada awak media, Kamis, (30/05/2019). Menurut Zainal, kasus dugaan tindak pidana Pemilu ini akan menjerat siapa saja yang melakukan tindak pidana tersebut.

"Siapa yang melakukan tindak pidana Pemilu dialah yang dihukum, jika kasus tersebut telah terbukti dan berkekuatan hukum tetap oleh Pengadilan," ungkap Zainal.



Di Bawaslu sendiri, sejumlah aduan masyarakat telah diterima dan ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Salah satu aduan tersebut yakni dugaan politik uang Caleg PDIP, Ober Datte.

Caleg, Ober Datte dilaporkan oleh Agus Salim, warga dusun Loreha, desa Parumpanai, kecamatan Wasuponda, Senin 20 Mei 2019 lalu. Kala itu, Agus Salim baru mengetahui jika hal tersebut dilarang oleh Undang - Undang.

Kejadian tersebut disaksikan oleh Istri Agus Salim, Nuni (45) tahun. Kepada Bawaslu, Nuni mengaku melihat langsung Kaharuddin (utusan Caleg, Ober Datte) menyerahkan uang lima lembar pecahan Rp100 ribu kepada suaminya, Agus Salim.

Saat itu, kata Nuni, Kaharuddin menyampaikan pesan bahwa uang tersebut adalah uang milik Caleg PDIP, Ober Datte. "Ini uang dari Ober Datte untuk dua suara," ungkapnya.

Sebelumnya, pelapor Agus Salim telah resmi melaporkan dugaan money politik, Caleg, Ober Datte ke Bawaslu, Senin 20 Mei 2019 lalu. Agus Salim telah menerima uang Rp500 ribu bersama dengan istrinya, Nuni.

Uang lima lembar pecahan Rp100 ribu itu dihargai dua suara untuk memilih Caleg, Ober Datte pada Pileg 17 April 2019.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook