alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mudik Lebaran, Warga Bisa Titip Kendaraan Pribadi di Kantor Polisi

Faisal Mustafa
Mudik Lebaran, Warga Bisa Titip Kendaraan Pribadi di Kantor Polisi
Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Perayaan Hari Raya Idul Fitri, tinggal menyisahkan beberapa hari lagi. Mayoritas masyarakat pun sudah mulai berbondong-bondong mudik ke kampung halaman masing-masing, namun bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan umum dapat menitip kendaraan pribadinya di Kantor polisi agar lebih aman.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, di hari-hari terakhir sebelum lebaran ini memang kondisi Sulawesi Selatan terasa rawan. Apalagi, mengingat sejumlah masyarakat juga sudah banyak meninggal tempat tinggalnya dalam keadaan kosong untuk mudik lebaran.

Dengan kondisi rumah yang sudah kosong, katanya, para pelaku kriminal biasanya memanfaatkan memontum tersebut untuk menggasak harta berharga seperti kendaraan pribadi yang ditinggalkan oleh masyarakat pada saat mudik lebaran.



Untuk mencegah terjadinya kejahatan tersebut, menurut Dicky, masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar yang merasa khawatir meninggalkan kendaraan pribadinya selama mudik lebaran, dapat menitip kendaraan pribadi mereka di Kantor Kepolisian agar jauh lebih aman.

"Jadi bagi pemudik yang keluar Kota Makassar atau Sulawesi Selatan, pergi ke suatu daerah yang jauh. Misalnya naik kapal laut atau pesawat terbang, otomatis dia punya kendaraan motor atau mobil. Kalau khawatir akan jadi korban kejahatan lebih baik titip saja di Kantor polisi, di Polsek-polsek atau Polres silahkan. Insya Allah tidak akan dipungut bayaran," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (30/5/2019).

Penitipan kendaraan tersebut, kata Dicky, juga sudah diterapkan di beberapa Kantor Kepolisian yang berada di daerah Sulawesi Selatan.

"Saya dengar sudah ada yang titip, dia ke Jakarta waktu itu. Dia mengatakan saya mau titip kendaraan saya di sini karena halamannya besar, dan itu diterima Kapolsek," tutupnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, menghimbau masyarakat melalui Kapolsek dan Babin Kamtibmas di wilayah kota Makassar untuk menitipkan barang berharga di Polsek-polsek terdekat di lokasi tempat tinggalnya.

"Jadi disampaikan kepada RT RW bahwa yang rumahnya kosong kalau ada barang berharganya silahkan dititipkan di Polsek Terdekat. Termasuk kendaraan," tandasnya.

Dilanjutkan Wahyu, penitipan kendaraan ini cukup mudah tinggal mengisi data untuk kepentingan administrasi tanpa dipungut biaya sepeserpun.

"Jadi datang saja ke Polsek nanti akan didata oleh petugas, tanpa ada persyaratan tanpa ada pungutan biaya. Satu hal juga ketika meninggalkan rumah itu jangan lupa mematikan listrik dan lain-lain," bebernya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook