Kamaluddin Kadir Jadi Pembicara dalam FGD Dispenbud

Selasa, 01 Desember 2020 - 20:34 WIB
loading...
Kamaluddin Kadir Jadi Pembicara dalam FGD Dispenbud
Ketua Komisi II DPRD Parepare, Kamaluddin Kadir. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle
A A A
MAKASSAR - Dalam Forum Group Discussion(FGD) yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kota Parepare, Ketua Komisi II DPRD Parepare, Kamaluddin Kadir menjadi salah satu pembicara, yang digelar pada Selasa (1/12/2020).

Kamaluddin dalam pemaparan materinya mengulas peran legislatif dalam pelestarian cagar budaya, khusus di Parepare telah memiliki produk hukum. Yakni perda nomor 11 tahun 2015 tentang pelestarian dan pengelolaan cagar budaya.



Semua pihak, kata Kamaluddin, berperan menjaga kelestarian cagar budaya Parepare. Dari pemerintah, masyarakat, dan tentunya juga legislatif.

“Peran legislatif yakni membuat produk hukum untuk melindungi cagar budaya. Dan itu sudah ada. Juga mengalokasikan anggaran dan menentukan pendapatan asli daerah (PAD) cagar budaya,” paparnya.

Cagar Budaya, kata Kamaluddin lagi, juga tak lepas dampak terhadap ekonomi. Salah satunya, kata dia, menciptakan lapangan kerja bagi pengelola cagar budaya.



Menurutnya, cagar budaya bisa membiayai dirinya sendiri sehingga meringankan beban APBD. "Adanya cagar budaya juga dapat menumbuhkan perekonomian di daerah sekitar. Seperti perdagangan, penginapan dan usaha kuliner masyarakat," tandasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)