alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Golkar Bentuk Tim Penyaring untuk Tentukan Ketua DPRD Sulsel

Luqman Zainuddin
Golkar Bentuk Tim Penyaring untuk Tentukan Ketua DPRD Sulsel
NURDIN HALID. DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) segera membentuk tim untuk penyaringan calon ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel. Foto: SINDONews/Luqman

MAKASSAR - DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) segera membentuk tim untuk penyaringan calon ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel.

Golkar berhak untuk kursi ketua DPRD Sulsel usai mendapatkan kursi paling banyak, yakni 13 kursi dari 11 Daerah Pemilihan (Dapil).

Ketua DPD I Partai Golkar, Nurdin Halid, menjelaskan, pihaknya bisa saja menggunakan hak diskresi dalam penentuan ketua DPRD Sulsel, Selama, beberapa syarat yang sudah diatur tidak bisa terpenuhi kader Golkar yang terpilih.



"Kalau ada seseorang (kader Golkar) yang dianggap punya potensi sangat kuat, tapi kemudian tidak masuk di kriteria ini, maka diskresi ketua umum. Ini pasti subjektifitas," aku Nurdin Halid di kediamannya jalan Mapala beberapa waktu lalu.

Kriteria yang dimaksud Nurdin Halid, sesuai dengan peraturan organisasi (PO) 2013 partai Golkar. Beberapa kriteria di dalamnya, seperti memiliki suara terbanyak, tidak pernah di partai lain, hingga Prestasi Dedikasi Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT).

Penentuan ketua DPRD Sulsel menggunakan hak diskresi, kata NH sudah pasti subjektif. Namun, penggunaan hak diskresi dianggap sebagai jalan terakhir.

"Subjektifitas lahir dari objektivitas, objektifnya apa? Ada seseorang yang berasal dari partai lain, tapi kita lihat potensial, yang lain memenuhi syarat tapi tidak menguntungkan partai, itu subjektivitas. Objektivitasnya dia punya potensi. Tapi itu, sudah pertimbangan yang sangat matang," kata dia lagi.

Mengenai tim untuk penyaringan calon ketua DPRD Sulsel, kata Nurdin, langkah ini sama saat proses penjaringan calon legislatif (caleg) dulu.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook