Belasan Calon Bintara Polri Kena Covid-19, SPN Batua Gelar Pendidikan Daring

Selasa, 15 Desember 2020 - 16:52 WIB
loading...
Belasan Calon Bintara Polri Kena Covid-19, SPN Batua Gelar Pendidikan Daring
Susana SPN Batua Polda Sulsel. Foto: Google Satelit
A A A
MAKASSAR - Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulsel , terpaksa menerapkan pendidikan virtual atau daring terhadap ratusan siswa calon anggota polri. Perubahan pola pendidikan tersebut disebabkan alasan kesehatan.

Kepala SPN Polda Sulsel , Kombes Pol Joko Pitoyo menyatakan, penerapan pendidikan daring sudah dilakukan sejak Kamis 10 Desember 2020 lalu. Alasanya 11 siswa dan lima anggota polisi sempat terpapar Covid-19 pertengahan November lalu.

Belasan orang itu kata Joko dinyatakan positif, setelah melaksanakan tes swab pada 20 hingga 21 November. Mereka kemudian langsung dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Beberapa hari dirawat, 14 orang dari mereka dinyatakan sembuh. Dua diantaranya masih dirawat hingga saat ini.



"Empat hari lalu ada perintah Kapolri untuk mengembalikan siswa ke rumah masing-masing. Sehingga semua pengajaran dilakukan secara daring atau virtual. Pengawasan tetap kita lakukan, untuk dua bulan pertama pendidikan kejuangan dan kepribadian," kata Joko kepada Sindonews, Selasa (15/12/2020).

Dia memaparkan, 11 siswa yang terpapar, merupakan bagian dari 700 calon bintara Polri yang dinyatakan lulus pada 13 November lalu. Mereka terbagi dari dua provinsi berbeda. Sulawesi Selatan 401 siswa dan Sulawesi Barat berjumlah 299 siswa.

Joko mengatakan, pimpinan sempat memberikan dua pilihan untuk melanjutkan proses pendidikan siswa di tengah pandemi COVID-19. Pertama, seluruh siswa dikembalikan ke satuan jajaran polres masing-masing. Namun karena momentum pilkada saat itu, pilihan tersebut tidak diambil.

"Apalagi tenaga pendidik, tidak semua polres punya. Jadi kita pilih alternatif kedua untuk siswa dikembalikan ke rumah dan melaksanakan pembelajaran pendidikan virtual," ungkap mantan Tutor Utama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri ini.

Dia menyampaikan, pola pendidikan daring di rumah, tetap menyesuaikan dengan proses pendidikan yang ada di SPN Polda Sulsel . Mulai dari pola makanan, hingga latihan dan olah fisik. Pola pendidikan kata Joko, melibatkan orang tua masing-masing siswa yang bertindak sebagai pengawas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)