alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Praktik Jual Beli Kursi, Disdik Perketat Pengawasan PPDB

Joni Lembang
Cegah Praktik Jual Beli Kursi, Disdik Perketat Pengawasan PPDB
Sejumlah siswa saat melihat informasi soal PPDB. Dinas Pendidikan (Disdik) Toraja akan memperketat pengawasan penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk mencegah praktik jual beli kursi. Foto: Sindonews/Maman Sukirman

TORAJA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tana Toraja, memperketat pengawasan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

"Tahun ini, kami akan lebih memperketat pengawasan PPDB guna mencegah praktik jual beli kursi dan pungutan liar," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tana Toraja, Anthon Toding di Makale.

Anthon menilai PPDB rawan digunakan sebagai praktik jual beli kuota kursi, terutama di sekolah-sekolah berlabel favorit dan unggulan. Termasuk kemungkinan adanya praktik oleh oknum-oknum yang hendak menitipkan anaknya agar bisa diterima di sekolah tertentu.



Disdik Tana Toraja pun sudah menghimbau kepada para kepala sekolah dan guru terkait kuota kursi PPDB tahun ajaran 2019/2020. Jumlah siswa baru yang akan diterima di setiap sekolah tidak boleh melebihi jumlah siswa yang ditammatkan pada tahun ajaran 2018/2019 di sekolah tersebut. Sekolah juga tidak diperbolehkan untuk membuka tambahan ruangan kelas baru.

"Jumlah siswa baru yang diterima tidak boleh lebih dari jumlah siswa yang ditammatkan. Contohnya, satu sekokah menammatkan 32 siswa jadi, jumlah siswa baru yang akan diterima sekolah itu tidak boleh lebih dari 32 orang," jelasnya.

Anthon menambahkan, guna memastikan ada tidaknya praktik jual beli kursi di PPBD, orang tua siswa dan masyarakat diharapkan berperan aktif ikut mengawasi PPBD. Jika menemukan adanya indikasi sekolah melakukan praktik jual beli kursi, segera laporkan ke disdik Tana Toraja untuk ditindaklanjuti. Disdik Tana Toraja bakal tegas memberikan sanksi bagi sekolah yang melakukan praktik jual beli kursi saat PPDB.

"Teknis pengawasan PPDB merupakan tanggungjawab disdik. Tapi masyarakat dan orang tua juga dapat memgawasi PPDB agar tidak ada lagi sekolah yang melakukan praktik PPDB," kata Anthon.

Ketua Lembaga Pengawasan Pembangunan Pendidikan Toraja (P3T), Titus Samara menyatakan keikutsertaan masyarakat dan orang tua dalam pengawasan PPDB salah satu upaya disdik Tana Toraja mencegah praktik jual beli kursi siswa baru dan pungutan liar



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads