alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Siapkan Alat Bukti Perselisihan Pileg di MK

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Siapkan Alat Bukti Perselisihan Pileg di MK
Proses penyusunan alat bukti untuk PHPU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan di aula sekretariat KPU Sulsel jalan AP Pettarani, Minggu (9/6/2019). Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - KPU Sulsel bakal menyiapkan alat bukti, untuk menghadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Kontitusi (MK), pada tanggal 16 Juni nanti. Hal itu diutarakan komisioner KPU Sulsel, Upi Hastati.

"Kami akan mengadakan penyiapan alat bukti tanggal 16 Juni, setelah daftar alat bukti keluar dari tim pengacara KPU RI. Jadi, KPU Provinsi dan kabupaten kota menyiapkan alat bukti berdasarkan bedah kasus dari tim pengacara KPU RI," sebut Upi di sekretariat KPU Sulsel beberapa waktu lalu.

Kata Upi, dalam gugatan khusus Pemilihan Legislatif (Pileg), ada 11 kabupaten/kota se Sulsel yang terlibat, dan akan menyiapkan alat bukti. PHPU itu, meliputi jenis pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD kabupaten/kota.



Sebelumnya, KPU Sulsel juga sudah menyiapkan alat bukti untuk PHPU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang diajukan Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno. Ada sekira 60 boks yang sudah disiapkan KPU Sulsel. Boks itu, berisi ordner atau map berukuran besar yang berisi lembaran-lembaran dokumen alat bukti dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Kami beli ada 60 kontainer (boks). Untuk 24 kabupaten/kota. Persediaan seluruh dokumen alat bukti sidang di tanggal 11 Juni hampir dikatakan 100% tersedia. Inshaa Allah, besok kami akan berangkat membawa dokumen alat buktinya," terangnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook