Peningkatan Orang Menganggur di Makassar Perlu Diantisipasi

Rabu, 16 Desember 2020 - 07:32 WIB
loading...
Peningkatan Orang Menganggur di Makassar Perlu Diantisipasi
Lonjakan pengangguran perlu ditekan dan diantisipasi pemerintah. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) diproyeksi mengalami peningkatan tahun depan. Lonjakan pengangguran perlu ditekan dan diantisipasi pemerintah.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Irwan Bangsawan tak menampik hal tersebut. Melihat dinamika tahun ini, dia menganggap angka pengangguran berpotensi meningkat tahun depan.

"Pasti ada peningkatan, sangat memungkinkan, bisa dipastikan akan meningkat tingkat pengangguran terbuka kita. Dengan dinamika yang terjadi di tahun ini kita yakin sekali akan naik," tutur Irwan kepada SINDOnews, Selasa (15/12/2020).

Meski begitu, pihaknya telah menyiapkan berbagai program untuk menekan angka pengangguran di Makassar. Kata dia, program kedepan akan fokus pada penguatan sumber daya manusia (SDM).

Disnaker Kota Makassar juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp4 miliar untuk melakukan pelatihan usaha dan pengembangan keterampilan. Dengan harapan akan banyak usaha mandiri bermunculan.



"Kemarin kita pendataan, melakukan program-program untuk peningkatan sumber daya manusia, usaha kerja mandiri, tenaga kerja mandiri, kelompok usaha kerja, kegiatan-kegiatan yang sifatnya peningkatan skill. Itu sudah kita siapkan," urai dia.

Irwan juga terus berkoordinasi dengan perusahaan. Agar senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan para pekerjanya. Harapannya, angka pemutusan hubungan kerja (PHK) juga bisa terhindarkan.

Terpisah Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Masyarakat DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir mengaku, peningkatan angka pengangguran terbuka sulit terhindarkan. Salah satunya karena efek pandemi Covid-19.

"Jadi kita memang mengharapkan adanya program yang bisa mengatasi hal ini di tahun 2021. Kita jelas akan bantu, seperti agar perusahaan tidak tersandung operasional kita kurangi dispensasi pajaknya," paparnya.

Hal ini akan membantu perusahaan sehingga tidak mengambil opsi PHK yang berpotensi kian menambah TPT Makassar. "Kita menciptakan iklim orang berusaha tanpa terbebani dulu dengan berbagai macam kewajiban, dan itu yang kurang sehingga perlu digalakkan," lanjut Wahab.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2612 seconds (0.1#10.140)