alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Makassar Siapkan Dokumen Keperluan Sengketa Hasil Pemilu 2019

Luqman Zainuddin
KPU Makassar Siapkan Dokumen Keperluan Sengketa Hasil Pemilu 2019
KPU Kota Makassar mengeluarkan sejumlah dokumen hasil Pemilu 2019 dari kotak suara tingkat kecamatan, Selasa (11/06/2019). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menyiapkan sejumlah dokumen hasil Pemilu 2019 untuk keperluan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dokumen itu merupakan hasil penghitungan suara tingkat kecamatan se-Kota Makassar yang dikeluarkan dari kotak suara yang berlangsung di Sekretariat KPU Makassar pada Selasa (11/06/2019).

Menurut Ketua KPU Makassar, Faridl Wajdi, dokumen itu untuk keperluan PHPU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Seperti dokumen DA2 atau kejadian khusus.



Ada juga dokumen DA KPU atau kesimpulan umum tentang proses rekapitulasi. Kemudian dokumen mengenai daftar hadir dalam proses rekapitulasi, serta dokumen tanda terima.

Total dokumen kata Faridl, ada empat jenis dokumen yang dikeluarkan untuk Pilpres.

"Agenda hari ini kegiatan untuk membuka kotak mempersiapkan dokumen bukti surat-surat pemeriksaan di sidang Mahkamah Konstitusi nanti. Kita buka untuk dua jenis yaitu pilpres sekaligus sengketa Pileg," terangnya.

Sementara untuk menghadapi PHPU Pileg, ada tambahan dokumen lain yakni DAA1 plano hasil penghitungan suara di Kelurahan Biring Romang dan Batua, Kecamatan Manggala.

"Sengketa Pileg yang kami dapat itu Gerindra, itu mempersoalkan selisih perolehan suara, saya tidak tau antara siapa yang pasti KPU yang digugat. Tapi dia persoalkan hanya dua kelurahan tadi, makanya kami siapkan DAA 1 plano," terang Faridl.

Pada kesempatan, pembukaan kotak suara tersebut disaksikan pihak Bawaslu Makassar, saksi pasangan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf dan juga saksi dari Prabowo-Sandiaga. Turut hadir perwakilan dari partai politik dan aparat kepolisian.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads