alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siap-siap, Pemkot Bakal Usulkan Penerimaan Ribuan CPNS

Syachrul Arsyad
Siap-siap, Pemkot Bakal Usulkan Penerimaan Ribuan CPNS
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Ribuan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal diusulkan ke pemerintah pusat.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Informasi BKPSDM Kota Makassar, Abd Kadir Masri, mengatakan, usulan diajukan setelah ada surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB).

"Belum ada surat resmi dari Menpan-RB. Baru formasi kebutuhan nasional. Namun ketika sudah ada juknis resmi, kami akan informasikan. Untuk saat belum ada resmi berapa jumlah kuota atau formasi yang dibagikan ke daerah," tukas Kadir Masri kepada SINDOnews.



Menurut Kadir, saat ini Pemkot Makassar masih kekurangan pegawai. Dari usulan kebutuhan pegawai yang diusulkan saat penerimaan CPNS tahun 2018 lalu, belum semuanya bisa diakomodir.

Tahun lalu, kata dia, dari 1.670 usulan kebutuhan pegawai yang disetor, hanya kuota 463 CPNS yang disetujui dan diterima Pemkot Makassar. Dengan begitu, masih ada selisih dari jumlah tersebut yang masih harus dipenuhi.

Jumlah itupun belum termasuk dengan masih banyaknya pegawai yang bakal pensiun tahun ini. BKPSDMD Kota Makassar berhitung, setidaknya ada sekitar 450 pegawai yang akan pensiun tahun ini. Makanya, oengajuan kebutuhan pegawai akan ditambahkan dengan banyaknya PNS yang bakal purnabakti.

"Jika diakumulasi kita punya usulan di Menpan-RB tahun 2018 sebanyak 1.670, sementara lolos CPNS 2018 sebanyak 463, belum lagi pensiun 2019. Jadi kembali segitu kebutuhan kita, lebih 1 seribu lagi, dan guru masih mendominasi dan menjadi kebutuhan kita," jelas dia.

Diketahui, dalam Keputusan Kemenpan-RB Nomor 12/2019 tentang Kebutuhan Pegawai ASN Secara Nasional Tahun Anggaran 2019, dari total 254.173 lowongan CPNS yang terbuka terbagi dua. Untuk alokasi pemerintah pusat sebanyak 46.425, sedangkan pemerintah daerah 207.748. Lowongan CPNS ini dibuka selain untuk formasi umum, juga ada lowongan alokasi PPPK yang diisi oleh eks-tenaga honorer kategori II.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook