Partisipasi Pemilih di Pilkada Luwu Timur 80,38%

Rabu, 16 Desember 2020 - 14:58 WIB
loading...
Partisipasi Pemilih di Pilkada Luwu Timur 80,38%
Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas KPU Luwu Timur, Mulyanah Mulkin. Foto: SINDOnews/Fitra Budin
A A A
LUWU TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menyatakan tingkat partisipasi pemilih di pilkada di Luwu Timur meningkat. Sekalipun pilkada digelar di tengah pandemi Covid-19 .

Hal itu disampaikan Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas KPU Luwu Timur , Mulyanah Mulkin, Rabu (16/12/2020).



Mulyanah mengatakan, jumlah masyarakat yang menggunakan hak pilih pada pilkada Luwu Timur meningkat hingga mencapai 80,38 persen dari target partisipasi yang dicanangkan KPU RI , 77,5 persen.

"Alhamdulillah, meski di tengah pandemi partisipasi pemilih meningkat hingga mencapai 80,38 dari jumlah DPTD pada pemilihan bupati dan wakil bupati Luwu Timur tahun 2020 sebanyak 201.786 orang," kata Mulyanah.

Menurut Mulyanah, capaian ini tidak terlepas dari sinergi semua pihak, baik dari PPK, relawan demokrasi dan PPS yang memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak takut ke TPS, termasuk ditopang oleh tingkat kesadaran masyarakat yang semakin membaik.

"Ini membuktikan bahwa masyarakat sudah cerdas dalam berdemokrasi dan animo masyarakat dalam pilkada ini ternyata lebih tinggi dibanding pandemi itu sendiri," kata Mulyanah.

"Artinya pandemi tidak menjadi penghalang buat mereka untuk memilih pemimpin, jadi ini sebuah kesyukuran karena demokrasi di Luwu Timur ini sudah berjalan dengan baik," lanjutnya.



Tidak hanya itu, pilkada saat pandemi berjalan lancar tentu juga didukung dengan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan .

"Kami bersyukur, masyarakat yang menyalurkan hak suaranya tetap disiplin dengan prokes ketat yang diterapkan pihak penyelenggara di TPS," tutupMulyanah.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)