Teken MoU, Pemprov Sulsel- Ehime Perkuat Kerjasama Bilateral

Rabu, 16 Desember 2020 - 16:15 WIB
loading...
Teken MoU, Pemprov Sulsel- Ehime Perkuat Kerjasama Bilateral
Pemprov Sulsel dan Ehime Jepang memperkuat kerjasama bilateral dengan menandatangani MoU secara virtual. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel dan Ehime dari Jepang, memperkuat kerjasama bilateral dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, (16/12/2020).

Penandatanganan tersebut dilakukan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Gubernur Ehime Jepang Tokihiro Nakamura.

MoU ini disaksikan pula Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi dan Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kementerian Dalam Negeri, Dr Heriyandi Roni.



Kerjasama bilateral kedua provinsi ini diwujdukan pada beberapa bidang, yakni, ekonomi kreatif, pengembangan SDM, pertanian hingga perikanan.

Nurdin Abdullah mengatakan, Provinsi Sulawesi Selatan merasa senang karena dapat terus menjadi sister province prefektur Ehime, apalagi memang sudah sejak tahun 2010 kerjasama tersebut digagas dan baru tahun ini MoU bisa terwujud meskipun ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Dia menuturkan, item kerjasama yang dikembangkan nantinya bervariasi, tidak saja terkait transfer knowledge SDM khususnya anak muda baru selesai dari universitas, tapi juga dibidang transfer teknologi.

Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan Sulsel menjadi pusat budidaya tuna dan berbagai ikan-ikan berkomoditas tinggi.

“Kita tahu betul Ehime ini salah satu pusat budidaya modern, bahkan tuna di sana sudah mulai dibudidayakan dan memang kualitas tunanya di sana sangat bagus,” ujarnya, Rabu, (16/12/2020).

Untuk itu, Nurdin Abdullah berharapa Indonesia sebagai Negara maritim tentu ini sangat visible bisa kerjasama, dalam rangka mendorong untuk pengembangan teknologi budidaya khususnya tuna. Sebagai negara penghasil tuna terbesar, tentu sangat dibutuhkan pengembangan teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4087 seconds (0.1#10.140)