alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lahan Persawahan Warga Ambles Sedalam Satu Meter di Pangkep

Muhammad Subhan
Lahan Persawahan Warga Ambles Sedalam Satu Meter di Pangkep
Polsek Labakkang memasangi garis polisi di lokasi amblasnya lahan persawahan milik warga di Kampung Coppeng-coppeng, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep. Foto: Muhammad Subhan/SINDOnews

PANGKEP - Warga Kampung Coppeng-coppeng, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep dihebohkan dengan amblasnya lahan persawahan milik salah seorang warga setempat, Rabu (12/06/2019).

Lahan tersebut saat ini dipasangi garis polisi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi tanah itu longsor dengan kedalaman kurang lebih satu meter.

Menurut warga setempat, Marwani, amblasnya tanah tersebut diduga penggunaan air tanah dan sumur bor yang berlebihan untuk kepentingan persawahan.



"Janganki cuma enaknya saja yang kita mau, rawatki juga alamta. Saya berharap pemanfaatan air tanah berlebihan tanpa memikirkan dampak buruknya adalah sesuatu yang kurang bijak," pungkasnya kepada SINDOnews.

Dari hasil penyelidikan sementara oleh pihak kepolisian, salah satu penyebab tanah longsor itu dikarenakan aktifitas pertanian warga setempat. Mereka bergantung pada air sumur bor selama musim kemarau berlangsung.

"Mereka mengebor sumur dengan berpindah. Kalau musim hujan sumurnya ditinggalkan dan pada kemarau mereka mencari lokasi lain lagi untuk di bor," ungkap Kapolsek Labakkang, AKP Srijanto Ponijan yang membenarkan adanya pemasangan garis polisi di lokasi oleh pihaknya.

"Setelah menerima laporan warga, kami ke sana menutup area tersebut karena warga khawatir," sambungnya menutup.

Diketahui, sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep belum memiliki regulasi yang mengatur tentang aktifitas pengeboran di area pertanian.

Kepala Dinas Penataan Ruang Kabupaten Pangkep, Sudirman mengaku jika yang ada saat ini hanya regulasi yang mengatur pengeboran sumur di wilayah pemukiman masyarakat.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads