alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gatot Nurmantyo Hadiri Pemakaman George Toisutta di Makassar

Faisal Mustafa
Gatot Nurmantyo Hadiri Pemakaman George Toisutta di Makassar
Jenazah almarhum mantan KSAD, Jenderal TNI (Purn) George Toisutta telah dimakamkan di TPU Dadi, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Rabu (12/06/2019). Foto: Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Jenazah almarhum mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI (Purn) George Toisutta telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadi, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Rabu (12/06/2019).

Turut hadir mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo bersama sejumlah petinggi TNI lainnya.

Di mata Gatot Nurmantyo, George Toisutta merupakan sosok yang teladan sebagai prajurit. Dan juga sosok yang baik hati dalam keseharian.



"Yah beliau teladan yang baik. Baiklah semuanya," aku Gatot yang mengenakan kemeja dan celana kain hitam usai upacara pemakaman almarhum berlangsung.

Dari pantauan SINDOnews, Gatot tiba di lokasi pemakaman tepat sebelum upacara berlangsung. Dia datang dan langsung masuk ke barisan keluarga dan pimpinan TNI lainnya pada pukul 17.30 WITA.

Selain Gatot, nampak juga Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal Tatang Sulaiman.

Tatang mengaku jika TNI AD kehilangan sosok yang dikenal sangat baik tersebut. Dan banyak berjasa terhadap negara.

"Kita semua terutama angkatan darat merasa kehilangan dengan kepergian beliau karena begitu besarnya jasa-jasa, minta doanya semoga amal baktinya diterima di sisi Allah SWT," sebutnya.

Secara pribadi, Tatang mengenal George sebagai sosok yang tegas dalam mendidik. Almarhum kata dia adalah guru sekaligus pelatih yang baik dan mampu menjadi teladan bagi seluruh prajurit.

Diketahui, George wafat pada pukul 05.25 WIB dini hari tadi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Jenazah almarhum tiba sekitar pukul 16.00 WITA di Galaktika Lanud Hasanuddin, Kabupaten Maros.

Almarhum dikebumikan tepat di samping makam ibunya, Sitti Hasanah atas permintaannya sebelum tutup usia seperti yang disampaikan kakak ipar almarhum, M Asri Samsuddin.

"Dia mau dimakamkan bersama dengan ibunya, pas di atas ibunya di Tempat Pemakaman Umum Dadi. katanya dia mau dekat dengan ibunya," ujarnya saat berada di rumah duka Jalan Rutan No 80, Gunung Sari Makassar, rumah Lody Toisutta, kakak kandung George Toisutta.

Jenderal bintang empat ini lebih memilih dimakamkan disamping ibunya meski sudah di tawarkan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar.

Asri Samsudin juga menyebut sosok almarhum dikenal baik, ramah, dan kerap membantu keluarga, bahkan di setiap kesempatan George selalu mengunjungi keluarganya lainnya baik di Makassar maupun di Ambon, kampung halaman Ayahnya.

"Orangnya bersahaja, di keluarga orangnya baik di mata keluarga besar kita, Alhamdulillah cukup banyak membantu, banyak sekali, ramah baek banyak senyum," kata Asri.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads