Utamakan Prokes, Expo Pemuda Mandiri Dispora Digelar Sederhana

Rabu, 16 Desember 2020 - 16:47 WIB
loading...
Utamakan Prokes, Expo Pemuda Mandiri Dispora Digelar Sederhana
Suasana kegiatan Expo Pemuda Mandiri yang digelar Dispora Makassar di Cafe Ombak, Rabu, (16/12/2020). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pelaksanaan Expo Pemuda Mandiri yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar tahun ini, cukup berbeda dikarenakan situasi pandemi Covid-19 .

Tidak sesemarak tahun lalu, kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan secara sederhana di Cafe Ombak Makassar, Jalan Pasar Ikan. Mulai 16 Desember hingga 18 Desember 2020, nanti.

Kegiatan ini mengangkat tema 'Membangun Pemuda Tangguh dan Produktif di Masa Pandemi'. Setidaknya ada 20 pelaku UMKM ikut terlibat.



Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kota Makassar , Azhar Anwar mengatakan, adanya potensi penularan Covid-19 melalui airborne menjadi salah satu pertimbangan kegiatan ini tidak dilaksanalan di mal seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi pemilihan tempat juga itu kita pertimbangkan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19," kata Azhar, Rabu (16/12).

Tidak hanya itu, kegiatan ini pun hanya diikuti sekitar 20 UMKM. Mereka hanya memiliki waktu 8 jam untuk mempromosikan produk miliknya. Sebab, kegiatan ini hanya berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

"Awalnya kita konsep sampai malam seperti tahun sebelumnya, cuma karena pandemi jadi kita batasi. Jadi malam itu sudah tidak ada lagi kegiatan," ujar dia.

Protokol kesehatan (prokes) melalui 3M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak juga diterapkan dengan baik.



Pihak panitia juga telah menyedikan tempat cuci tangan di sejumlah titik sehingga ia berharap agar protokol kesehatan itu diterapkan dengan benar.

Apalagi, kata dia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah kota untuk memulihkan ekonomi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

"Kita kan tahu selama pandemi ini membuat ekonomi pelaku UMKM kita terpuruk. Nah kegiatan ini sebagai pemicu produktifitas mereka biar bisa kembali bangkit," beber dia.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5118 seconds (0.1#10.140)