8 Karya Terbaik Sulawesi Siap Berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Pertamina Nasional

Rabu, 16 Desember 2020 - 17:51 WIB
loading...
8 Karya Terbaik Sulawesi Siap Berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Pertamina Nasional
Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pertamina Regional Sulawesi menyelenggarakan malam penganugerahan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Teritorial Sulawesi, Selasa (15/12/2020). Kegiatan yang dilakukan secara daring itu diikuti oleh insan media se-Sulawesi.

Pada malam penganugerahan tersebut, turut hadir Executive GM Pertamina Regional Sulawesi, Rama Suhut; VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) , Fajriyah Usman; Pemimpin Umum Tribun Timur, Andi Suruji selaku Ketua Dewan Juri; Pimpinan Redaksi Tribun Timur, Thamzil Thahir; Pimpinan Redaksi Harian Fajar, Arsyad Hakim; Pimpinan Redaksi Koran Sindo Makassar, Hatta Sujatmin; Kepala Biro LKBN Antara Sulsel, Anwar Maga; Kepala Biro TV One Makassar, H Muh. Takbir SH; Manager Bisnis Indonesia Perwakilan Makassar, Amri Nur Rahmat, serta Kontributor CNN Indonesia dan Metro TV.



Kegiatan AJP hadir sebagai ajang unjuk kebolehan jurnalis dalam meramu informasi yang padat, lugas dan berimbang ihwal kehadiran energi untuk masyarakat khususnya terkait Pertamina . Pada tahun ini, ajang apresiasi media yang diselenggarakan oleh Pertamina , pertama kalinya memberlakukan konsep teritorial, di mana nantinya setiap juara pada setiap kategori dari seluruh Indonesia akan berkompetisi memperebutkan posisi terbaik pada final AJP tingkat nasional.

Di tingkat teritorial Sulawesi sendiri, insan pers sangat antusias mengikuti ajang ini, meskipun dalam keterbatasan pandemi , terkumpul 235 karya dari insan pers se-Sulawesi yang memberitakan seputar bisnis hulu hingga hilir Pertamina , mulai dari pemberitaan wilayah geothermal PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di sektor hulu serta di sektor hilir, Pertamina Regional Sulawesi yang berperan mengelola operasional BBM dan LPG dari Fuel Terminal / Depot LPG hingga produk BBM dan LPG bisa diterima dan diakses masyarakat melalui SPBU, agen LPG, pangkalan LPG, pertashop, dan lain sebagainya.

Selain kegiatan operasional bisnis, kategori nonoperasional seperti publikasi program corporate social responsibility dan program kemitraan menjadi salah satu kategori yang diangkat pada ajang ini.



Pada proses seleksi penentuan karya pemenang, Pertamina melibatkan dewan juri dari berbagai kalangan yang memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya, di antaranya Andi Suruji, Pimpinan Utama Tribun Timur sebagai Ketua Dewan Juri AJP Teritorial Sulawesi dan Riza Primadi, senior wartawan dan praktisi komunikasi sebagai dewan juri lainnya.

Andi Suruji menyampaikan ucapan terima kasih telah diberi kepercayaan menjadi dewan juri AJP Teritorial Sulawesi dan berharap ajang ini terus meningkat kualitasnya untuk kebaikan Pertamina , masyarakat dan media.

"Mudah-mudahan tahun depan, jurnalis meningkatkan mutu tulisannya dan perlu mencari pola-pola yang baru untuk menulis karya jurnalistik yang menginspirasi banyak orang. Ini hal yang perlu didorong, Inisiatif-inisiatif di level bawah itu perlu diapresiasi. Sebab jika orang di dunia semua meninggal hanya jurnalislah yang masih hidup melalui karya karyanya,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)