alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pendaftar PPDB akan Diverifikasi Menggunakan Data Dukcapil

Mustafa Layong
Pendaftar PPDB akan Diverifikasi Menggunakan Data Dukcapil
Peserta yang mendaftar PPDB akan diverifikasi menggunakan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Seluruh tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah siap. Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengungkapkan, nantinya peserta yang mendaftar akan diverifikasi menggunakan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Kata Irman, pihaknya telah berkoodinasi untuk suplai data kependudukan, khususnya alamat peserta pendaftar.

Meski demikian, None (sapaan akrabnya) mengakui sistem Disdik dan Disdukcapil Sulsel belum terkoneksi dengan baik. "Hanya saja sistem kita belum terkoneksi karena sistemnya Dukcapil lebih rumit dari yang kita punya," jelasnya.



None menerangkan mekanisme PPDB dimulai dari mendaftar online melalui ppdbsulsel.epanrita.net dengan dengan menggunakan Nomor Ujian Nasional.
Kemudian memilih jenjang sekolah SMA Negeri atau SMK Negeri yang diminati dan memilih jalur pendaftarannya, baik zonasi, prestasi atau perpindahan orang tua yang dipilih.

"Setelah itu, calon peserta didik mengisi kolom formulir pendaftaran.secara lengkap dan benar, lalu mencetak tanda pendaftaran yang memuat nomor pendaftaran. Hasil cetak nomor pendaftaran inilah yang kemudian dibawah ke sekolah untuk dilakukan verifikasi," terang None.

Pendaftar jalur zonasi diwajibkan menyertakan kartu keluarga (KK) yang terbit paling singkat setahun sebelum PPDB. Sehingga tak lagi memungkinkan penggunaan keterangan domisili dari RT/RW. Lalu, mengantisipasi persoalan tahun sebelumnya, kali ini peserta tak lagi melakukan legalisir KK.

Setiap sekolah telah memiliki zonasi kecamatan tertentu. Kemudian peserta dengan jarak terdekat akan diprioritaskan untuk lulus di SMA tempatnya mendaftar. Jika jaraknya sama, makan akan dilihan total nilai UN. Dan apabila juga sama, maka akan ditentukan peserta yang lebih dulu mendaftar.

Sementara Kepala Disdukcapil Sukarniaty Kondolele menjelaskan, pihaknya bakal menyiapkan enam elemen data kependudukan untuk mendukung PPDB. Yakni nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor NIK, KK dan kecamatan sesuai zonasi PPDB tahun ajaran 2019-2020.

Lebih lanjut, Sukarniaty menerangkan Disdik saat ini belum menyiapkan sistem yang terintegasi untuk mengakses data Disdukcapil. Sehingga proses verifikasi mesti dilakukan langsung operator Disdukcapil.

Katanya, untuk data peserta yang bersoal akan diverifikasi tim operator Disdukcapil provinsi maupun kabupaten kota. "Disdik saat ini belum menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan sistem Disdukcapil sehingga akan diverifilasi di sini," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook