TOPIK TERPOPULER

PSM Tak Lolos Licensi, PSSI Tunjuk Persija dan Bali United Tampil di AFC

Shalahuddin
PSM Tak Lolos Licensi, PSSI Tunjuk Persija dan Bali United Tampil di AFC
PSSI tunjuk dua klub untuk wakili Indonesia diajang AFC Cup 2021. Foto: Istimewa

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Persija Jakarta dan Bali United sebagai wakil Indonesia pada ajang AFC Cup 2021 setelah kompetisi domestik tahun ini terhenti akibat pandemi virus Corona.

Penunjukkan Bali United dan Persija mengacu pada hasil musim 2019 sebagaimana sudah diindikasikan PSSI sebelumnya. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan, kedua tim itu memenuhi persyaratan dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC Club Licensing Cycle tahun 2020.



Baca Juga: Sambut Piala Dunia U-20, Kemenpora-PSSI Gelar Kompetisi Juggling

“Untuk perwakilan Indonesia pada AFC Cup 2021 kami memutuskan Bali United dan Persija Jakarta. (Alasannya, red) Bali United karena juara Liga 1 2019 dan Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019,” kata Mochamad Iriawan ketika memimpin rapat Komite Eksekutif (Exco) melalui video conference, Rabu (16/12/2020).

Jika mengacu pada keseluruhan hasil kompetisi 2019, PSM Makassar yang memenangkan gelar Piala Indonesia seharusnya mewakili Indonesia di AFC Cup 2021. Namun, klub berjuluk Juku Eja tidak lolos lisensi klub profesional AFC.

PSSI sebelumnya telah menetapkan tujuh klub lolos lisensi AFC, sehingga berpeluang tampil mewakili Indonesia di AFC Cup 2021. Mereka yang lolos adalah Bali United, Persija, Borneo FC, Bhayangkara FC, Arema FC, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura.

Baca Juga: Eks Gelandang PSM Makassar Marc Klok Resmi Jadi WNI



Sekadar informasi, penentuan wakil Indonesia di kompetisi AFC Cup 2021 seharusnya berdasarkan hasil kompetisi domestik (Liga 1 dan Piala Indonesia) 2020. Namun, pandemi virus corona melanda saat Liga 1 baru berjalan tiga pekan, sedangkan Piala Indonesia belum kickoff sama sekali.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!