alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasokan Menipis, Harga Ikan Laut di Sulbar Melambung Tinggi

Asrianto Suardi
Pasokan Menipis, Harga Ikan Laut di Sulbar Melambung Tinggi
Cuaca buruk yang melanda perairan Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar selama satu pekan terakhir membuat harga ikan di sejumlah pasar tradisional melonjak tajam. Foto : SINDOnews/Asrianto Suardi

POLMAN - Cuaca buruk yang melanda perairan Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar selama satu pekan terakhir membuat harga ikan di sejumlah pasar tradisional melonjak tajam.

Hal ini disebabkan kurangnya pasokan ikan dari nelayan setempat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pasokan ikan bahkan didatangkan dari luar provinsi seperti dari Kabupaten Bone dan Sinjai, Sulsel.

Seperti yang terpantu di Pasar Baru Polewali, Jumat (14/06/2019) pagi tadi. Sejumlah lapak pedagang ikan kosong dan sepi dari pembeli. Kurangnya pasokan ikan dikeluhkan beberapa pedagang, sebab omzet penjualan mereka menurun.



Menurut Silmin, salah satu pedagang ikan, hal tersebut dipengaruhi kurangnya pasokan ikan dari nelayan. la mengaku, sebelumnya ikan tongkol dijual dengan harga Rp20.000 per satu gantung (empat ekor). Namun sekarang menjadi Rp35.000 per ikat.

Adapun beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan, seperti ikan bandeng, tongkol, kakap, dan jenis ikan lainnya.

"Memang mahal modalnya pak, jadi kami juga jual mahal. Mengeluh kasihan masyarakat karena mahal kita jualkan,"kata Silmin.

Tak hanya pedagang, para pembeli yang umumnya kaum ibu-ibu pun mengeluh. Jika biasanya mereka membeli ikan dalam jumlah yang banyak, namun kini sejak harga ikan mahal, mereka mengurangi pembelian ikannya. Kendati demikian, sebagian warga juga tetap pasrah membeli ikan meskipun harganya mahal.

"Mahal sekali lagi ikan pak. Ini tadi saya belikan Rp25 ribu hanya empat ekor. padahal biasanya Rp10 ribu ji," tutur Hasnia, warga setempat.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook