Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat Selama Musim Hujan

Kamis, 17 Desember 2020 - 10:53 WIB
loading...
Lakukan 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat Selama Musim Hujan
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Musim hujan telah tiba. Meski terasa menyejukkan dan memberikan manfaat, hujan juga menimbulkan sejumlah penyakit dan penyebaran penyakit, sehingga penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Hal ini bisa diterapkan dengan mengadopsi kebiasaan makan dan solusi tertentu agar tetap sehat dan bugar.

Apabila musim panas disarankan tetap terhidrasi untuk menghindari komplikasi kesehatan, musim hujan juga memiliki peraturan sendiri agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga selalu sehat dan bugar. Berikut lima cara untuk tetap sehat selama musim hujan seperti dikutip dari Times of India.



1. Pertahankan pola makan yang sehat
Memberi perhatian khusus pada diet Anda selama musim hujan sangat penting jika ingin tetap sehat. Metabolisme membutuhkan sedikit dorongan dalam bentuk makanan yang lebih ringan. Menambahkan buah dan sayuran musiman ke dalam makanan adalah ide yang bagus. Namun, pastikan semuanya dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Hal ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit yang ditularkan melalui air yang menyebar selama musim ini. Untuk menghindari alergi musiman, infeksi, demam akibat virus, dan lainnya, jauhi makanan jalanan yang tidak higienis. Sebaliknya, konsumsi lebih banyak makanan rumahan dan pilih minuman panas daripada yang dingin.

2. Pastikan lingkungan higienis
Baik di rumah maupun di kantor, pastikan lingkungan bersih dan bebas dari nyamuk dan serangga lainnya. Ada berbagai penolak yang dapat dipilih untuk membantu di sini. Misalnya, alat penguap cair atau plug-in listrik bagus untuk digunakan di dalam ruangan, sementara obat nyamuk bakar dan kartu lebih cocok untuk digunakan di taman, balkon, dan ruang luar ruangan lainnya.



Anda juga dapat memilih semprotan pengusir serangga untuk melindungi diri dari lalat dan serangga lain yang mengganggu saat keluar. Selain itu, pastikan lingkungan sekitar bebas dari sampah dan genangan air.

3. Olahraga secara teratur dan tetap bugar
Hujan seharusnya tidak menghentikan untuk berolahraga harian. Jika tidak bisa pergi ke gym, pastikan melakukan olahraga ringan atau sedikit yoga dan peregangan di rumah. Tulang yang sakit dan sendi yang berderit cenderung menjadi lebih buruk selama musim hujan , dan kondisi seperti artritis, linu panggul, dan rematik menjadi lebih umum.

Melatih sendi dan otot secara teratur dapat memastikan bahwa mereka tetap terlumasi dan kuat, serta mencegah rasa sakit yang tidak perlu. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kekebalan, yang dapat membantu Anda melawan penyakit.

4. Minum air bersih dan murni
Penyakit seperti kolera dan diare menyebar melalui air. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk minum air yang bersih. Pastikan air yang Anda minum disaring atau direbus. Hindari minum air dari tempat yang tidak diketahui. Jika bepergian, bawalah botol air sendiri atau beli air kemasan yang dimurnikan. Selain itu, hindari minum jus atau cairan lain dari penjual pinggir jalan karena bisa berisiko.



5. Bawa payung
Bawalah payung, jas hujan, atau windcheater saat keluar. Jaga agar kaki tetap bersih dan kering untuk mencegah ruam dan pertumbuhan jamur. Hindari ruangan ber-AC jika rambut atau pakaian Anda lembap. Kenakan pakaian hangat dan jaga agar tubuh Anda cukup kering dan hangat. Teh herbal dengan khasiat antibakteri adalah minuman yang ideal di musim hujan . Konsultasikan dengan dokter jika demam, pilek, atau gejala persisten lainnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2735 seconds (0.1#10.140)