alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tanpa Koalisi NasDem Bisa Usung Cakada 4 Daerah di Sulsel

Luqman Zainuddin
Tanpa Koalisi NasDem Bisa Usung Cakada 4 Daerah di Sulsel
Partai NasDem bisa menjadi partai politik pengusung tunggal calon kepala daerah di empat daerah di Sulsel pada Pilkada 2020 mendatang, seperti di Kabupaten Pangkep. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Partai NasDem bisa menjadi partai politik pengusung tunggal Calon Kepala Daerah (Cakada) di empat daerah di Sulsel pada Pilkada 2020 mendatang, seperti di Kabupaten Pangkep.

Partai besutan Surya Paloh ini bisa mengusung tanpa membangun koalisi bersama partai lainnya. Berdasarkan hasil Pemilu 2019, NasDem memperoleh 8 kursi di DPRD Pangkep.

Sementara syarat mengusung calon kepala daerah pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 nantinya, calon harus diusung minimal tujuh kursi atau 20% dari total 35 kursi DPRD Pangkep.



Selain Pangkep, NasDem juga bisa menjadi pengusung tunggal di Kabupaten Barru karena meraih lima kursi dari 25 kursi yang ada.

Begitu juga di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara yang sama-sama meraih enam kursi dari total 30 kursi DPRD yang ada di sana.

Meski demikian, NasDem tetap akan membangun koalisi.

"Kita tetap persiapkan koalisi," kata Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif saat ditemui di Gedung DPRD Sulsel, Makassar, beberapa waktu lalu.

Saat ini pun kata dia, NasDem sudah membangun komunikasi terhadap beberapa partai lainnya.

Sebagai informasi, jika tak ada perubahan, syarat untuk mengusung pasangan calon pada Pilkada 2020 nantinya adalah 20% dari total jumlah kursi di DPRD. Masing-masing daerah, memiliki jumlah kursi berbeda karena beberapa indikator, salah satunya penduduk.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads