alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Kelautan Polman Sebut Bantuan Kapal Nelayan Sesuai Prosedur

Asrianto Suardi
Dinas Kelautan Polman Sebut Bantuan Kapal Nelayan Sesuai Prosedur
Kapal bantuan DKP Kabupaten Polewali Mandar (Polman) hanya jadi pajangan. Sama sekali tak pernah difungsikan oleh nelayan penerima bantuan. Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menegaskan jika bantuan kapal yang telah diserahkan kepada para nelayan sudah sesuai dengan prosedur.

Hal ini ditegaskan menyusul adanya tudingan jika bantuan kapal itu tidak berkualitas. Dan bahkan sama sekali tak pernah difungsikan para nelayan sejak tahun 2017 lalu.

Menurut Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) DKP Polman, Untung Pristiwanto, proyek bantuan kapal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut dipihak ketigakan ke salah satu CV asal Mamuju, Sulbar.



Pembuatannya pun berlangsung di Kabupaten Majene dengan menggunakan kayu kelas nomor dua sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

"Karena kalau kayu nomor satu dananya tidak mampu. Memang dalam RAB kayunya kelas dua," aku saat ditemui di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kalawa, Polman, Sulbar, baru-baru ini.

Lanjutnya, ada 11 unit kapal sejenis yang telah diserahkan kepada nelayan dengan nilai estimasi anggaran sebesar Rp100 juta per kapal. Dilengkapi dengan alat tangkap jaring, mesin genset generator, GPS, dan peralatan lainnya.

Kapal itu tersebar di Kecamatan Balanipa, Karama, Tangnga-Tangnga, Takatidung,  Kenje, Lantora, Binuang, Mirring, Paku, dan beberapa daerah lainnya.

"Bantuan ini diberikan secara per kelompok, namun kadang nelayan mau memiliki secara sendiri-sendiri. Semua sudah diselesaikan sebelum diserahkan kepada kelompok penerima," pungkas Untung Pristiwanto.

Dia pun menyayangkan jika para nelayan tidak memelihara dan merawat kapal bantuan itu secara baik-baik.

"Namanya kapal kayu, kalau tidak digunakan pasti dimakan rayap. Padahal kalau tidak cocok, jangan diterima. Cukup kita bantu dengan kapal, masa dinas semua yang harus membiayai bahan bakar biaya perawatan dan lainnya," tandas dia.

Sebelumnya diberitakan jika bantuan kapal tersebut sejauh ini tak pernah difungsikan nelayan karena diangkat tidak berkualitas. Dan hanya jadi pajangan semata. (Baca juga: Kapal Bantuan Dinas Kelautan Polman Hanya Jadi Pajangan)



(bds)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads