alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Singgung China dan AS, Presiden Rusia Menentang Perang Dagang

Agus Nyomba
Singgung China dan AS, Presiden Rusia Menentang Perang Dagang
Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia dengan tegas menentang perang dagang yang terjadi antara China dengan Amerika Serikat (AS) saat ini. Foto: Istimewa

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dengan tegas menentang terjadinya perang dagang internasional, karena dinilai berjuang tanpa aturan jelas.

Putin mengatakan hal ini pada Konferensi tentang Tindakan Membangun Interaksi dan Keyakinan di Asia (CICA) di Dushanbe, Tajikistan, ia mengatakan bahwa memulihkan kepercayaan sangat penting di antara semua negara.

"Sayangnya, [beberapa negara] berjuang tanpa aturan, [mereka] mengintimidasi dan menghilangkan pesaing melalui cara-cara non-pasar," katanya seperti dikutip di Russia Today, Sabtu, (15/06/2019).



Ia menjelaskan, sangat penting untuk menemukan jalan keluar dari situasi tersebut. "Dan menetapkan aturan kerja sama ekonomi yang adil. Paling tidak, masalah sosial dan kemanusiaan harus dibebaskan dari pembatasan perdagangan dan ekonomi, yaitu barang-barang penting, obat-obatan dan peralatan medis," tambahnya.

Komentar tersebut muncul di tengah kebuntuan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat (AS) dan China. Sebelumnya, Presiden Donald Trump mengenakan tarif pada barang-barang China, memicu perang dagang.

Tiongkok menanggapi dengan baik, tetapi berulang kali menekankan bahwa itu adalah perjanjian perdagangan yang saling menguntungkan dan menolak perang ekonomi.

Komentar ini keluar hanya dua hari berselang, saat Putin berbicara tentang perang dagang, dengan mengatakan bahwa Rusia menghindari campur tangan dalam perselisihan ekonomi atau lainnya.

"Simpati kami adalah dengan mitra strategis kami," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook