alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dituduh Serang Tanker di Teluk Oman, Iran Panggil Duta Besar Inggris

Agus Nyomba
Dituduh Serang Tanker di Teluk Oman, Iran Panggil Duta Besar Inggris
Kapal tanker di teluk Oman terbakar. Amerika Serikat dan Inggris telah menuduh Iran berada di balik insiden tersebut. Foto: Istimewa

TEHERAN - Pemerintah Iran dilaporkan telah memanggil dan melakukan pertemuan dengan duta besar Inggris untuk Teheran.

Laporan tersebut dirilis oleh Kantor Berita Pelajar Iran (ISNA) menanggapi tuduhan Kantor Luar Negeri Inggris yang mngatakan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran menyerang tanker di Teluk Oman dam menambahkan bahwa Teheran telah melakukan serangan terhadap tanker minyak sebelumnya.

"Selama pertemuan dengan pejabat kementerian luar negeri Iran, Iran sangat mengkritik sikap Inggris yang tidak dapat diterima mengenai serangan di Teluk Oman. Tidak ada negara lain selain Inggris yang mendukung tuduhan Amerika tentang serangan itu," lapor ISNA.



Menurut laporan itu, keputusan untuk memanggil utusan itu dibuat setelah asumsi yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt bahwa Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) "hampir pasti" berada di balik serangan itu.

Setelah insiden dengan kapal tanker minyak di Teluk Oman, Amerika Serikat (AS) segera menyalahkan Republik Islam, mengklaim bahwa penilaian ini didasarkan pada intelijen. Posisi Washington digaungkan oleh Inggris.

"Hampir dapat dipastikan bahwa cabang militer Iran - Korps Pengawal Revolusi Islam - menyerang kedua kapal tanker itu pada 13 Juni. Tidak ada aktor negara atau non-negara yang bertanggung jawab secara masuk akal," kata Kementerian Luar Negeri Inggris dalam sebuah pernyataan mengenai 14 Juni lalu.

Presiden Iran Hassan Rouhani, pada gilirannya, mengatakan Amerika Serikat mengambil langkah-langkah untuk merusak stabilitas di Timur Tengah dan seluruh dunia.

Sementara itu, sebelumnya pada hari Sabtu, Daily Star melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa Marinir Kerajaan Inggris sedang dikerahkan ke Teluk Oman setelah dugaan serangan terhadap dua kapal tanker minyak pada 13 Juni.

Insiden dekat Selat Hormuz, jalur air strategis yang menghubungkan Teluk Oman dan Teluk Persia, terjadi pada hari Kamis. Front Altair dan kapal tanker lain, Kokuka Courageous yang dioperasikan oleh Jepang, terkena ledakan dan terbakar.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook