alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Sosialisasikan Perda Penyembelihan Ternak Betina

Luqman Zainuddin
Dewan Sosialisasikan Perda Penyembelihan Ternak Betina
Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2016 tentang pengendalian penyembelihan ternak betina. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2016 tentang pengendalian penyembelihan ternak betina produktif di Desa Bone Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Sabtu (15/6/2019) malam.

Menurut Rangga, Perda ini dibuat untuk melindung, mengontrol dan mengendalikan penyembelihan ternak betina yang produktif. Juga, menjaga pengeluaran ternak dari wilayah Sulsel secara umum dan Kabupaten Gowa secara khusus. Sekaligus untuk menjawab kekhawatiran semakin berkurangnya stok sapi yang ada di Sulsel.

"Regulasi ini dibuat untuk mengaturnya dan dapat membatasi serta mengendalikannya, tetapi perlu dipahami bahwa keberadaan Perda ini juga tidak akan efektif kalau pemerintah Provinsi Sulsel tidak menyediakan anggaran di dalam melakukan pengendalian tersebut," kata Rangga dalam keterangannya kepada SINDOnews, Minggu (16/6/2019).



Paling tidak kata Rangga, bila ada masyarakat yang sangat terdesak dan ingin menjual ternak betina produktifnya, Pemprov Sulsel dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang akan menangani dan mengatasi.

Selain Rangga, dalam kegiatan itu ikut juga hadir mantan kepala bidang peternakan Dinas pertanian kabupaten Takalar, Zaenal Sewang. Menurut Zaenal, Perda ini punya manfaat dalam mengendalikan ternak betina produktif.

"Karena masyarakat sudah punya alat kontrol dalam melakukan transaksi penjualan ternaknya sehingga tidak mudah melakukan penjualan sapi atau ternak betina apalagi untuk kepentingan pemotongan bila dianggap masih produktif," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads