alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ni'matullah: Pengurus DPC Demokrat Hingga Ranting Akan Disegarkan

Eky Hendrawan
Nimatullah: Pengurus DPC Demokrat Hingga Ranting Akan Disegarkan
Ketua DPD Demokrat Sulsel Nimatullah. Ia mengaku akan mengevaluasi hingga tingkat ranting tekait dengan perolehan suara Demokrat di Sulsel. Foto: Dok/Sindonews

BULUKUMBA - Merosotnya perolehan kursi partai Demokrat di sejumlah daerah, termauk Kabupaten Bulukumba membuat DPD Demokrat Sulsel harus mengambil langkah tegas dengan melakukan penyegaran dan evaluasi terhadap seluruh DPC di Sulsel.

Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah yang dikonfirmasi terkait rencana evaluasi memastikan hal tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Evaluasi DPC Demokrat Bulukumba akan dilakukan bersama dengan sejumlah DPC lainnya.

"Setelah ada penetapan KPU baru kita panggil semua karena ini tidak bisa di evaluasi perkecil tapi semua akan dipanggil satu-satu," katanya.



Ni'matullah membeberkan jika bukan hanya Bulukumba yang perlu dilakukan evaluasi. Ia menyebutkan jika beberapa daerah lainnya seperti Maros, Pangkep dan Takalar beberapa daerah yang mengalami hal yang sama di Bulukumba.

"Bukan hanya Bulukumba, ada beberapa daerah lainnya juga seperti itu dan kita sudah ada agenda seperti itu untuk melakukan evaluasi," terangnya.

Partai besutan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga berencana melakukan penyegaran pengurus DPC hingga tingkat Kecamatan.
"Kalau Ketua DPC mungkin tidak kita rotasi tapi pengurus DPC hingga di kecamatan," tutupnya.

Diketahui, Pileg 2019 Kabupaten Bulukumba menjadi pesta demokrasi lima tahun terburuk untuk Partai Demokrat di beberapa daerah, besutan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain perolehan kursi dewan menyusut, Demokrat bahkan kehilangan posisi kursi Wakil Ketua DPRD Bulukumba.

Data SINDOnews, partai yang ditunggangi Murniaty Makking tersebut hanya mampu meloloskan dua wakil di DPRD. Padahal diperiode 2014 lalu, Demokrat mampu mengamankan satu fraksi dengan perolehan empat kursi.

Contoh pada Dapil I yang meliputi Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe, Bonto Bahari. Berdasarkan hasil perhitungan KPU Bulukumba, Demokrat tak mampu mengunci 1 kursipun.

Sama dengan Dapil II meliputi Gantarang-Kindang, diperiode sebelumnya Demokrat berhasil meraih kursi dengan mendudukan Andi Tenri Allang. Namun diperiode 2019, perolehan tersebut tak mampu dipertahankan.

Walhasil Demokrat Bulukumba hanya mampu meloloskan dua wakilnya ke DPRD yakni Hj Murniaty Makking melalui dapil IV (Kajang-Herlang-Bonto Tiro) dan Sabri. Sabri sendiri lolos setelah mengalahkan incumbent, A Baso Zulkarnain di Dapil III yang meliputi Kecamatan Rilau Ale-Bulukumpa.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook