alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Telur Penyu Gagal Menetas di Pantai Mampie Polman

Asrianto Suardi
Ribuan Telur Penyu Gagal Menetas di Pantai Mampie Polman
Pemilik penangkaran penyu di Pantai Mampie, Kabupaten Polman, Sulbar. Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Ribuan telur penyu milik penangkar gagal menetas di sepanjang bibir Pantai Mampie, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar.

Dalam kondisi membusuk dan berbau, calon penyu atau tukik belum sempat menetas ini mati dalam cangkang telur. Padahal usianya sudah memasuki masa panen.

Atas kejadian ini, sejumlah pemerhati dan pemilik penangkaran penyu gagal melepas tukik atau anak penyu ke tengah laut.



Menurut Pemilik Penangkaran Penyu, Muh Yusri, kondisi ini disebabkan cuaca buruk dan air pasang laut yang mengakibatkan lokasi penangkaran telur penyu tergerus ombak dan terjadi abrasi.

"Kita terpaksa merelokasi sebagin telur yang masih bagus ke tempat aman agar bisa menetas. Sebagian lubang telur lainnya kita beri pelindung agar selamat dari gelombang pasang," ujar Yusri, Minggu (16/06/2019).

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polman, Basir Halim mengakui jika pihaknya akan meninjau langsung lokasi konservasi penyu tersebut.

Setidaknya kata dia, telur penyu tersebut harus dipindahkan ke lokasi baru yang tak jauh dari tempat penangkarannya.

"Insya Allah besok (Senin) tim tekhnis akan meninjau ke lokasi untuk mengambil langkah apa yang akan kita lakukan," sebutnya.

"Kita lihat juga dulu lokasi tempat yang akan ditempati. Jangan sampai tidak cocok, apalagi nanti malah tambah merusak telurnya," sambungnya menambahkan.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook