Afghanistan Umumkan Operasi Ofensif Terhadap Taliban

Rabu, 13 Mei 2020 - 16:54 WIB
loading...
Afghanistan Umumkan Operasi Ofensif Terhadap Taliban
Pemerintah Afghanistan mengumumkan melanjutkan operasi ofensif terhadap Taliban. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Perjanjian damai Amerika Serikat (AS) dengan Taliban berada di ujung tanduk setelah pemerintah Afghanistan mengumumkan melanjutkan operasi ofensif terhadap Taliban. Keputusan itu diambil menyusul serentetan serangan teroris yang mematikan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan dimulainya kembali operasi ofensif setelah beberapa serangan teroris yang mematikan, termasuk yang menargetkan rumah sakit bersalin yang menewaskan sedikitnya 13 orang, termasuk dua bayi yang baru lahir. (Baca: Kelompok Bersenjata Serbu Rumah Sakit Bersalin di Kabul )

"Saya mengutuk keras serangan baru-baru ini terhadap sebuah rumah sakit di provinsi Kabul dan Nangarhar yang menewaskan sejumlah orang tak bersalah termasuk wanita dan anak-anak," kata Ghani dalam sebuah pidato di televisi seperti dilansir dari CNN, Rabu (13/5/2020).

Sebagai bagian dari kesepakatan yang dinegosiasikan antara pemerintahan Trump dan Taliban, pemerintah Afghanistan setuju untuk menunda operasi ofensif terhadap Taliban dan menyatakan kesediaan untuk ambil bagian dalam gencatan senjata dengan kelompok pemberontak. Afghanistan sendiri bukan pihak dalam perjanjian tersebut.

"Taliban telah menolak seruan kami untuk gencatan senjata berulang kali, seruan untuk gencatan senjata tidak berarti lemah," kata Ghani.

"Saya sekali lagi meminta mereka untuk memeluk perdamaian, yang bukan hanya tuntutan pemerintah tetapi bangsa dan komunitas internasional," ia menambahkan.

Sebelumnya, penasihat keamanan nasional Afghanistan menyarankan bahwa tidak ada gunanya "pembicaraan damai" ketika Taliban tidak berniat untuk mengejar perdamaian.

"Serangan dua bulan terakhir menunjukkan kepada kami dan dunia bahwa Taliban & sponsor mereka tidak dan tidak bermaksud untuk mengejar perdamaian," tulis Hamdullah Mohib di twitter.

"Jika Taliban tidak dapat mengendalikan kekerasan, atau sponsor mereka sekarang telah mensubkontrakkan teror mereka ke entitas lain - yang merupakan salah satu perhatian utama kami sejak awal - maka mereka tampaknya tidak ada gunanya melanjutkan keterlibatan dengan Taliban dalam pembicaraan damai," imbuhnya.

"Alasan untuk mengejar perdamaian adalah untuk mengakhiri kekerasan yang tidak masuk akal ini. Ini bukan perdamaian, juga bukan permulaannya," tulisnya.

Taliban sendiri membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap rumah sakit dan serangan kedua pada prosesi pemakaman yang berlangsung di provinsi Nangarhar.

Namun, menurut PBB dalam minggu-minggu setelah penandatanganan perjanjian, Taliban meningkatkan serangannya terhadap tentara dan polisi Afghanistan dan jumlah kematian warga sipil yang dikaitkan dengan kelompok itu juga meningkat. (Baca: Pasca Teken Kesepakatan dengan AS, Serangan Taliban Semakin Menggila )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)