alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Brimob Turun Kawal Sidang Pembunuhan di Bulukumba Pascaricuh

Eky Hendrawan
Brimob Turun Kawal Sidang Pembunuhan di Bulukumba Pascaricuh
Sidang kasus pembunuhan yang berujung kericuhan di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bulukumba kini mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan kepolisian setempat. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

BULUKUMBA - Sidang kasus pembunuhan yang berujung kericuhan di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bulukumba kini mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan kepolisian setempat.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali turut angkat bicara, kali ini, Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Alam tak ingin lagi kecolongan pada agenda sidang berikutnya. (Baca juga: Pascaricuh di PN Bulukumba, Bupati Minta Warga Kindang Tahan Diri)

Sedikitnya 350 personil gabungan akan diturunkan mengawal jalannya sidang lanjutan kasus pembunuhan yang mendudukkan empat terdakwa pada Selasa (18/06/2019) pekan depan.



"Meski kondisinya saat ini telah aman dan terkendali, kita tetap bersiaga. Kita akan lakukan pengamanan maksimal," kata Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan dikonfirmasi, Minggu (16/06/2019).

Kata dia, ratusan personil itu juga berasal dari BKO Brimob Polda Sulsel dan anggota TNI Kodim 1411. Mereka akan disiagakan di titik vital, utamanya di sekitar PN Bulukumba.

"Semuanya sudah kita koordinasikan, Insya Allah semua berjalan lancar. Kami imbau agar semua pihak menahan diri," imbuhnya Syamsu Ridwan.

Terpisah, Humas PN Bulukumba, Whaisqarni menyampaikan proses hukum terhadap para terdakwa tetap berjalan meski sebelumnya terjadi insiden pengrusakan sejumlah fasilitas kantor.

Ada pun para pelaku pengrusakan diserahkan ke polisi untuk melakukan penyelidikan dan penindakan tegas. (Baca juga: Sidang Kasus Pembunuhan Berujung Ricuh, Polisi Amankan 9 Orang)

"Insya Allah sidangnya dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2019 dengan agenda pemeriksaan saksi, jika keadaan memungkinkan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan para terdakwa," tuturnya.

Diketahui, pada sidang sebelumnya, juga terdapat korban penembakan yang diduga dilakukan aparat kepolisian saat melakukan pengawalan sidang dan menertibkan kericuhan. (Baca juga: Darah Korban Penembakan Berceceran di Kantor Pengadilan Bulukumba)

Atas penembakan itu, Polda Sulsel telah melakukan klarifikasi. Kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, tindakan oknum polisi saat itu sudah sesuai dengan prosedur. (Baca juga: Polda Sebut Penembakan di Pengadilan Bulukumba Sesuai Prosedur)



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads