alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disdik Sulsel Buka Jalur Pendaftaran PPDB Bagi Penghafal Alquran

Mustafa Layong
Disdik Sulsel Buka Jalur Pendaftaran PPDB Bagi Penghafal Alquran
Disdik Sulsel membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi penghafal Alquran melalui jalur khusus. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi penghafal Alquran melalui jalur khusus untuk kali pertama di tahun ajaran 2019-2020.

Jalur khusus bagi hafiz ini bagian dari kategori jalur prestasi yang pendaftarannya telah dibuka sejak Senin (17/06/2019) hingga Jumat (21/06/2019).

Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, kebijakan pemberian kuota khusus jalur hafiz itu untuk menanamkan akhlak bagi peserta didik.



Pembukaan jalur hafiz ini, katanya, merupakan hasil koordinasi bersama Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Intinya semakin banyak yang dihafal semakin baik. Kita prioritaskan pelajar yang memiliki hafalan yang lebih banyak," jelas None sapaan akrab kepala dinas, Senin (17/06/2019).

Untuk jalur khusus ini akan diprioritaskan bagi pendaftar yang memiliki hafalan terbanyak minimal 10 juz.

Wakil Ketua Pelaksana PPDB Sulsel, Asqar menjelaskan jika pemberian kuota buat para penghafal Alquran tidak memerlukan jalur tambahan.

Katanya, jalur hafiz dibuka melalui jalur prestasi yang memiliki kuota 5% dari total daya tampung penerimaan siswa SMA/SMK sederajat.

"Kuota prestasi ada tiga kategori, yakni kompetitif, non kompetitif dan penghafal Alquran minimal 10 juz," terangnya.

Sebagai syarat, para pelamar jalur khusus ini diwajibkan menyertakan sertifikat penghafal Alquran dari lembaga sertifikasi Tahfiz, yang menyatakan peserta telah menghafal Alquran minimal 10 juz. Jika tidak, boleh diganti surat keterangan dari sekolah masing-masing.

Lebih lanjut, peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur hafiz ini akan kembali diuji secara langsung pada proses pendaftaran ulang tanggal 24 hingga 26 Juni mendatang. Jika terbukti memiliki hafalan 10 juz atau lebih, maka dinyatakan lulus.

Namun jika ditemukan peserta tidak memampu menghafal sebanyak 10 juz, maka akan dinyatakan gugur dan dapat mendaftar melalui jalur lainnya.

Pendaftaran jalur hafiz atau pun jalur prestasi secara umum, para pelamar dapat memilih tiga sekolah secara bebas selama masih dalam lingkup Disdik Sulsel.

"Tahap verifikasi hanya berkas berupa sertifikat atau surat keterangan. Nanti dites saat pendaftaran ulang. Kalau tidak lulus boleh mendaftar di jalur lainnya," ujar Asqar.

Untuk diketahui, di hari pertama pendaftaran PPBD di posko PPDB Sulsel, pada pukul 13.49 WITA, tercatat jumlah pendaftar telah mencapai 845 orang untuk jalur prestasi. Sementara untuk jalur perpindahan orang tua baru mencapai 16 pendaftar.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook