alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Minta Pemkab Antisipasi Sedimen Pendangkalan Danau Tempe

M Reza Pahlevi
Dewan Minta Pemkab Antisipasi Sedimen Pendangkalan Danau Tempe
Ketua Komisi III Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo Andi Senurdin Husaini. Foto: Istimewa

WAJO - Banjir yang melanda Kabupaten Wajo setiap tahunnya membuat sejumlah kalangan menaruh perhatian besar.

Salah satu yang menyebabkan Wajo setiap tahun dilanda banjir yakni adanya kerusakan lingkungan secara massif yang dilakukan segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ketua Komisi III Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo Andi Senurdin Husaini mengatakan, salah satu penyebab Wajo menjadi langganan banjir setiap tahunnya diakibatkan massifnya penambangan yang dilakukan oknum penambang di sejumlah perbukitan, sehingga akibat penambangan tersebut beberapa kawasan yang diharap menjadi serapan air mengalami kerusakan.



"Sebagian daerah serapan air yang ada di hulu, rusak akibat terjadinya aktivitas penambangan," ungkapnya, Selasa (18/6/19).

Selain itu, pengendalian sedimen yang masuk ke kawasan Danau Tempe harus segera dilakukan, sebab saat ini kawasan Danau Tempe telah direvitalisasi. Sedimen salah satu penyebab danau tempe mengalami pendangkalan, sehingga kalau pemkab tidak melakukan apa-apa terkait pengendalian sedimen, maka saya yakin danau Tempe kembali akan mengalami pendangkalan dan banjir semakin tidak bisa dibendung.

"Saat ini sudah ada perda yang secara tegas mengatur tentang penanganan khusus Danau Tempe, olehnya itu pemkab seharusnya bisa berkordinasi ke kabupaten Sidrap dan Soppeng dalam melakukan pengendalian sedimen yang menjadi ancaman besar pendangkalan danau tempe," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Wajo Alamsyah menjelaskan, rampungnya revitalisasi danau tempe sedikit membawa dampak positif dalam mengurangi dampak banjir di beberapa wilayah kota sengkang

Hal tersebut terlihat dari realita perbandingan bencana banjir tahun 2018, jika alat ukur ketinggian air dibendung gerak bila berada pada posisi 7,1 Meter, maka hampir seluruh warga yang berada di lingkungan Tokampu kel siengkang semuanya mengungsi

Akan tetapi kondisi sekarang ini, dengan ketinggian debit air 7,3 meter hanya beberapa saja di lingkungan tokampu yang diungsikan.

Dewan Minta Pemkab Antisipasi Sedimen Pendangkalan Danau Tempe

(ADV)



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads