alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Anggota DPR RI Soroti Kinerja Lapas Tipikor Kurang Disiplin

Faisal Mustafa
Anggota DPR RI Soroti Kinerja Lapas Tipikor Kurang Disiplin
Anggota Komisi III DPR RI, Abu Bakar Al Habsyi ditemui saat menghadiri rapat pembahasan RUU Pemasyarakatan di Hotel Rinra Makassar, Selasa (18/06/2019). Foto: Faisal Mustafa/SINDOnews

MAKASSAR - Anggota Komisi III DPR RI, Abu Bakar Al Habsyi menilai para pejabat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tipikor, khususnya Lapas Sukamiskin, Bandung, kurang disiplin. Dan harus segera dievaluasi.
Sorotan ini disampaikan menyusul salah satu terpidana kasus korupsi, Setya Novanto ditemukan berkeliaran di luar Lapas Sukamiskin, belum lama ini.

"Lapasnya mau dimana pun kalau disiplin untuk penertibannya nggak rapi sama saja. Jadi menurut pandangan saya tidak ada hal yang berubah apa-apa kalau soal tempat," kata Abu Bakar saat menghadiri rapat pembahasan RUU Pemasyarakatan di Hotel Rinra Makassar, Selasa (18/06/2019).

Menurutnya, Lapas Sukamiskin sudah tepat menjadi tempat para tahanan koruptor. Hanya saja, dia menilai pejabat hingga petugas di sana kerap lalai atau kecolongan dari para tahanan.



Untuk menangani masalah tersebut, Abu Bakar meminta Direktur Jendral Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM dapat kembali turun tangan untuk segera mengevaluasi pihak yang bekerja di Lapas.

"Jadi ini sebenarnya adalah instrospeksi juga dari Kemenkunham sendiri, khususnya Dirjen PAS untuk menertibkan aparatnya dalam penegakan aturan dan menciptakan SDM lebih berdedikasi," pungkasnya.

"Kalau narapidana, dimanapun, siapapun, pasti akan mencari alternatif. Kalau dia bisa kabur, dia kabur. Kalau dia bisa keluar, dia keluar," tutupnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook