Tak Ada Bukti, China Tolak Laporan Covid-19 Dibuat di Laboratorium

Kamis, 16 April 2020 - 20:22 WIB
loading...
Tak Ada Bukti, China Tolak Laporan Covid-19 Dibuat di Laboratorium
Sejumlah wilayah di China mulai pulih setelah menghadapi pandemi Virus Corona. Foto: Istimewa
A A A
BEIJING - Pemerintah China menolak laporan terkait dengan asal Virus Corona Disease 2019 (COVID-19), yang dibuat dari sebuah laboratorium.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, bahwa klaim tentang virus corona baru yang berasal dari lab tidak didasarkan pada sains, mereka mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ketika menegur berita terbaru tentang Covid-19.

"Saya ingin mengingatkan Anda bahwa kepala [Organisasi Kesehatan Dunia] telah berulang kali menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa virus corona baru telah diproduksi di laboratorium," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian yang dilansir dari Rusia Today, Kamis, (16/04/2020).

Dia menambahkan bahwa banyak ahli medis terkenal di dunia juga percaya bahwa klaim tentang apa yang disebut sebagai kebocoran [virus] dari laboratorium tidak didasarkan pada sains.

Zhao menjawab pertanyaan tentang cerita terbaru oleh Fox News. Mengutip sumber anonim, saluran berita melaporkan bahwa coronavirus yang mematikan awalnya menyebar dari laboratorium di kota Wuhan di China, tempat wabah pertama kali dicatat, dan bahwa orang pertama yang terinfeksi adalah karyawan fasilitas tersebut.

Salah satu pusat penelitian virologi China yang berbasis di Wuhan - sebuah fakta yang menyebabkan spekulasi oleh beberapa politisi dan media Barat bahwa, virus itu mungkin telah dikembangkan di sana sebagai senjata biologis atau mungkin secara tidak sengaja dilepaskan oleh para ilmuwan setelah mempelajari coronavirus di kelelawar Beijing telah berulang kali membantah tuduhan ini.

Pekan lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak semua orang, untuk tidak "mempolitisasi" virus corona dan memperingatkan agar tidak menggunakan pandemi Covid-19 untuk "mencetak poin politik."
Ghebreyesus sebelumnya memperingatkan semua negara agar tidak menyebarkan informasi yang keliru dan teori konspirasi.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)