alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sistem Tanda Tangan Elektronik Mulai Diterapkan Disdukcapil Polman

Asrianto Suardi
Sistem Tanda Tangan Elektronik Mulai Diterapkan Disdukcapil Polman
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Polewali Polman (Polman) mulai menerapkan sistem tanda tangan elektronik. Foto : Ilustrasi/Istimewa

POLMAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Polewali Polman (Polman) mulai menerapkan sistem tanda tangan elektronik.

Langkah ini sebagai upaya dalam peningkatan mutu pelayanan dan percepatan pembuatan administrasi yakni Kartu Keluarga( KK) dan akte kelahiran.

Kepala Dinas Disdukcapil Polman, Nasir Adam saat ditemui di ruangannya, Kamis (20/06/2019) mengatakan metode tanda tangan elektronik pada pembuatan administrasi di Disdukcapil Polman ini dilakukan untuk mempercepat proses pembuatan administrasi kependudukan.



Masyarakat kata Dia, mengurus KTP bisa lebih cepat dan efektif tanpa harus mengantri. "Saya rasa, cara ini sangat efektif. Artinya, meskipun saya tidak berada di tempat, petugas atau anak buah saya bisa membuatkan berkas administrasi warga yang sedang diurus," tukasnya.

Dalam sistem ini, masyarakat hanya butuh waktu 30 menit untuk menunggu berkas administrasi yang diurusnya sudah jadi.

Sistem aplikasi ini langsung terhubung ke HP Android sang kepala dinas dan bisa langsung memantau melalui smartphonenya.

"Saya tinggal centang di hand phone (HP) android melalui barcode, sudah langsung tertanda tangan otomatis meskipun saya berada di luar kota," sambung mantan Kadis sosial ini.

Nasir Adam menjelaskan, penerapan sistem tanda tangan ini merupakan inovasi yang pertama kali di Provinsi Sulawesi Barat.

Dengan metode tanda tangan elektronik dirinya dapat langsung mengontrol berapa jumlah KK dan akte kelahiran yang dicetak dan belum dicetak.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif