alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pulau Tanakeke Kini Resmi Jadi Kecamatan di Kabupaten Takalar

Herni Amir
Pulau Tanakeke Kini Resmi Jadi Kecamatan di Kabupaten Takalar
Pulau Tanakeke kini resmi menjadi kecamatan baru di Kabupaten Takalar setelah ditetapkan melalui Peratuan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2019. Foto: Istimewa

TAKALAR - Pulau Tanakeke yang memiliki jumlah penduduk 6.000 jiwa kini resmi menjadi kecamatan baru di Kabupaten Takalar setelah ditetapkan melalui Peratuan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2019.

Untuk menjadikan Pulau Tanakeke ini menjadi wilayah kecamatan tersendiri, butuh waktu 12 tahun untuk memperjuangkannya. Pulau Tanakeke ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Mappakasunggu.

"Alhamdulillah sudah jadi kecamatan, sayang sekali kalau tidak diperjuangkan karena produksi lautnya yang melimpah," ujar salah satu warga setempat, Isminah (25), Kamis (20/06/2019).



Atas penetapan itu, dia pun berharap pemerintah melakukan pembangunan di Pulau Tanakeke untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat atas produksi kekayaan laut.

Kecamatan Pulau Tanakeke ini meliputi beberapa desa, diantaranya Desa Tompo tana, Desa Mattiro Baji, Desa Rewataya, Desa Balangdatu dan Desa Maccini Baji.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta pun mengajak seluruh masyarakat untuk bahu-membahu memajukan Kecamatan Pulau Tanakeke. Termasuk menjaga dan meningkatkan produk unggulan seperti ikan laut, rumput laut dan tambak.

"Kami akan mendorong agar kecamatan ini bisa lebih mandiri. Tahun  2018 yang lalu, sudah difasilitasi untuk memperluas areal tanam padi, tinggal ditambah dengan hortikultura agar ada kemandirian pangan," sebut Syamsari Kitta.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar kata dia, juga telah melakukan  pencetakan lahan untuk garam seluas 21 hektare (ha). Dan direncanakan akan dilakukan pembangunan kantor kecamatan dan puskesmas di tahun 2019 ini.

"Kami akan berusaha terus untuk membangun fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan dimulai dari fasilitas untuk memenuhi kebutuhan dasar," tutup Syamsari Kitta.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook