alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nurdin Abdullah Hargai Hak Angket Usulan DPRD Sulsel

Mustafa Layong
Nurdin Abdullah Hargai Hak Angket Usulan DPRD Sulsel
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menanggapi positif wacana hak angket yang digulirkan Dewan Rakyat Perwakilan Daerah (DPRD) Sulsel. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menanggapi positif wacana hak angket yang digulirkan Dewan Rakyat Perwakilan Daerah (DPRD) Sulsel menyikapi kebijakannya selaku pimpinan Pemprov Sulsel belakangan ini.

(Baca juga: Sikapi Kebijakan Pemprov Sulsel, DPRD Usul Hak Angket)

Menurutnya, angket merupakan hak prerogatif legislatif untuk mengawasi kinerja dan meminta penjelasan eksekutif dalam hal ini pemerintah provinsi. Sehingga dirinya menegaskan akan menghormati langkah dewan dan mengikuti proses berjalan.



"Hak angket itu hak prerogatif DPRD untuk bertanya, dijamin secara konstitusional. Kita tidak intervensi hak-hak DPRD," ujar Nurdin Abdullah, Kamis (20/06/2019).

Dia menambahkan, legislatif dan eksekutif adalah sebuah mitra di pemerintahan. Sehingga harus terus bersinergi untuk membangun daerah.

"Bagaimana pun DPRD adalah mitra kami di pemerintahan," tambah mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Rapat paripurna Hak Angket DPRD Sulsel sedianya digelar bersama Pemprov Sulsel pada Kamis 20 Juni hari. Namun nyatanya ditunda dan hanya dilakukan pembahasan internal antara Ketua Komisi DPRD Sulsel. (Baca juga: Kadir Halid Yakin Hak Angket Didukung, PDIP Menolak dan Tak Hadiri Paripurna)

"Rapatnya ditunda, ada rapat rangkaian dari hak angket tapi itu internal dan tertutup. Belum libatkan Pemprov," ucap Sekretaris DPRD Sulsel, M Jabir, terpisah. (Baca juga: Hak Angket Ancam Martabat dan Kehormatan DPRD Sulsel)



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads